Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Renovasi Rumah Budget Minimalis Hasil Maksimalis Karya Djuhara + djuhara

Renovasi Rumah Budget Minimalis Hasil Maksimalis Karya Djuhara + djuhara

Urbanloka.com – Proyek ini ditawarkan kepada arsitek setelah kliennya melihat beberapa proyek lain yang pernah ia tangani, untuk hunian dengan anggaran rendah ala Sugiharto Steel House. Klien sebelumnya tinggal di sebuah rumah real estate berukuran 36 meter persegi, di atas tanah seluas 78 meter pada daerah perumahan dengan kepadatan tinggi di pinggiran kota Jakarta.

Sedikit demi sedikit ia kemudian membeli tanah di belakang rumahnya, hingga akhirnya dapat memperoleh total 250 meter persegi, namun Setelah membeli tanah tersebut, ia hanya memiliki anggaran terbatas untuk merenovasi rumah, merupakan tantangan tersendiri pula bagi para perancangnya.

Konsep utama hunian adalah menaungi sebuah ruang terbuka di lantai dasar, sebuah reinterpretasi modern dari rumah panggung tradisional. Lantai dasar sendiri digunakan sebagai ruang tamu dan ruang makan, sementara lantai duanya berisi kamar tidur, ruang duduk dan ruang kerja Urbaners.

Seluruh lantai dasar hanya memiliki satu pintu gerbang di depan yang berfungsi sebagai pintu masuk utama, dan dapat dibuka sepenuhnya untuk menghubungkan rumah ke taman komunal dan lapangan bulutangkis di halaman depan rumah.

 

Dengan keterbatasan anggaran, struktur lantai dasar terdiri dari kolom beton, balok dan pelat, karena pada saat konstruksi, struktur beton lebih murah dari pada struktur baja. Namun untuk membuat struktur yang ringan, lantai dua terbentuk dari framing baja ringan yang ditutupi atap dek logam. Sebuah layar yang terbuat dari kayu reklamasi menutupi façade depan kotak itu untuk melindunginya dari sinar matahari secara langsung.

Pada sisi kanan rumah, terdapat celah sebesar 60 sentimeter yang memungkinkan sinar matahari masuk dan sebagai jalur hujan ke selokan yang mengalir ke bagian depan situs hunian. Konsep ruang terbuka pada lantai dasarnya juga diperuntukkan bagi penghuni agar tidak bergantung pada penggunaan AC.

Tidak seperti kebanyakan rumah di Indonesia, pada hunian ini kamar asisten rumah tangganya diletakan di bagian depan rumah, memberi sinar matahari yang cukup, serta memudahkan akses mereka dalam membersihkan serta mengawasi keamanan rumah Urbaners.

Desain rancangan huniannya nih Urbaners.

Info Projek:

Arsitek: djuhara + djuhara

Lokasi: Bekasi, Indonesia

Architect in Charge: Ahmad Djuhara Contractors Eduard Sirait, Alex Gandung, Andi Linardi, Ujang, Nurhayat, Supri

Area: 215.0 sqm

 

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.