Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Robot Bantuan Bencana Canggih Keluaran Honda

Robot Bantuan Bencana Canggih Keluaran Honda

Urbanloka.com – IROS 2017, honda mengungkapkan sebuah prototip untuk robot bantuan bencana.  Dalam penelitian dan pengembangan robotika humanoid mereka selama bertahun-tahun. Robot oranye E2-DR, yang memiliki kemampuan untuk menggenggam palang, dan berjalan dengan cara seperti manusia adalah hasil eksperimen perusahaan jepang yang diumumkan dua tahun lalu.

Sebuah makalah tentang ‘pengembangan robot eksperimental untuk inspeksi dan respon bencana alam. Honda mengungkapkan kemampuan model robotnya dalam menangani berbagai masalah dengan potensial berbeda yang disebabkan oleh situasi bencana seperti kelembaban, debu dan suhu yang relatif ekstrem. Desain robot honda E2-DR iros robotboomthe sendiri memiliki kemampuan memanjat tangga hingga memegang benda Urbaners.

Dengan tinggi 1,68 meter dan berat 85 kilogram, honda telah menjaga ukuran robot seminimal mungkin. Dibantu swapping mereka akan kabel komunikasi standar untuk serat optik yang delapan kali lebih kecil. Robot ini mampu meremas celah hingga 30 cm.

E2-DR mampu beroperasi pada suhu antara 10 dan 40 derajat celsius, menggunakan teknologi pendinginan khusus untuk mencegahnya dari kepanasan. Honda juga telah menempatkan routing saluran udara di bodi prototip dengan kipas internal untuk mempromosikan ventilasi.

Perangkat keras penghasil panas pada bagian luarnya juga memaksimalkan pendinginan menggunakan lembaran konduktor termal dan kipas angin di dalam duktus untuk membantu memaksimalkan pendinginan tersebut.

Pada bagian kepala robot ini terdapat pengukur jarak jauh hokuyo bersama beberapa kamera pengintai, satu kamera monokular tunggal, ditambah kamera stereo yang bekerja dengan proyektor lampu IR. Sementara honda membayangkan robot akan bekerja dengan alat nirkabel di masa depan, tingkat ketangkasan yang penting telah dicapai dengan melengkapi masing-masing tangan dengan kamera tambahan dan sensor 3D.

Desain robot honda E2-DR iros bahkan dapat menahan suhu ekstrim dan kondisi pabrik. Dengan baterai 1.000wh, robot bisa beroperasi selama 90 menit. Pada pidato IROS honda disebutkan bahwa E2-DR adalah prototipe yang membutuhkan lebih banyak pengembangan sebelum menjadi berguna dan layak. Hingga saat ini honda belum menunjukkan kapan model terakhir dapat dilepaskan.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.