Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Rumah Kontainer Dual Power Untuk Daerah Rawan Bencana

Rumah Kontainer Dual Power Untuk Daerah Rawan Bencana

Urbanloka.com – Univeristas indonesia dan Kemenko Kemaritiman bersama tengah mendorong pengembangan konsep Rumah Kontainer dengan sistem Dual Power (sumber listrik dari renewable energy/tenaga surya dan sebagian kecil dari listrik konvensional) untuk daerah yang rawan bencana.

Nantinya, rumah ramah lingkungan ini akan diaplikasikan pada resort-resort wisata yang berlokasi di daerah rawan bencana atau dapat juga berfungi sebagai huntara (hunian sementara) bagi masyarakat yang terdampak bencana.

Ada banyak keuanggulan dari rumah ini, dengan memanfaatkan renewable energy, juga didesain tahan gempa, juga memiliki kemandiriannya dalam menyediakan tenaga listrik.

Dalam waktu dekat Kemenko Kemaritiman juga akan mengundang kembali para pihak terkait, dan juga akan membantu FT UI mensosialisasikan inovasi ini kepada pihak-pihak terkait.

Diketahui, baterai yang digunakan dalam Rumah Kontainer akan berkonsep Be-Care atau pembangkit listrik tenaga surya skala kecil dengan desain portable yang sangat ringkas untuk digunakan di daerah tanggap darurat.

Rencananya Rumah Kontainer ini bisa diaplikasikan di daerah resort-resort yang ada di tepi pantai, misalnya di Tanjung Lesung, Lombok, Palu dan Mentawai.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.