Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Rumah Unik dari Materi 3-D Printer

Rumah Unik dari Materi 3-D Printer

Urbanloka.com – Studio DUS Arsitek di Amsterdam, Belanda membangun sebuah kabin 3D berukuran delapan meter persegi lengkap dengan bathtub di dalamnya, kabin ini kemudian dapat disewakan dan digunakan sebagai tempat singgah bagi siapapun yang menginginkannya. Yuk kita simak seperti apa detailnya Urbaners!

DUS Arsitek membangun hunian ini dengan menggunakan materi bio-plastik 3D Print, materi ini dipilih, sekaligus untuk menunjukkan bahwa ada solusi manufaktur adiktif lain selain bahan bangunan pada umumnya,

Dengan 3D Print, kabin hunian ini bahkan dapat di daur ulang ketika tidak digunakan lagi. “Hunian dengan 3D Print Cabin Urban sebagai bagian dari penelitian terhadap materi ramah lingkungan di perkotaan. Teknik cetak 3D ini dapat digunakan untuk tempat tinggal sementara atau di daerah bencana,” Ungkap arsitek.

Studio arsitektur yang berbasis Amsterdam ini kini sedang dalam tahap akhir dari sebuah proyek untuk membangun hunian dengan kanal 3D-cetak. Proyek kecil yang menawarkan wawasan baru, sebagai solusi alternatif pembangunan hunian yang hemat di kantong serta ramah lingkungan.

Terletak di bekas daerah industri, kabin dengan ukuran hanya 25 ini memang berukuran jauh lebih kecil dari rumah mikro rata-rata. Sebuah jendela terletak di salah satu sudut hunian, mengintegrasikan pintu masuk dan area tempat duduk pada teras.

Tembok-temboknya telah berpola dengan tonjolan sudut yang membuat permukaan tiga dimensi, memberikan bangunan stabilitas struktural ekstra.Semua permukaannya berwarna hitam. Sejumlah kecil materi beton juga digunakan, untuk memberikan permukaan lantai yang lebih tahan lama.

Di dalam, kabin ini terdapat tempat tidur multifungsi yang dapat dilipat menjadi kursi pada siang hari. Tidak ada ruang yang cukup untuk kamar mandi, namun hunian 3D ini berada di taman dengan toilet umum.

“Dalam ruang hijau di sekitar kabin Anda dapat menikmati bathtub sambil menonton matahari terbenam dikelilingi dengan pohon poplar,” ungkap arsitek. DUS Arsitek pertama meluncurkan desain untuk 3D dicetak rumah kanal ini pada tahun 2013.

 

Kredit Proyek:

Arsitek: arsitek DUS
Tim desain: Hans Vermeulen, Martine de Wit, Hedwig Heinsman, Martijn van Wijk, Inara Nevskaya, Ivo Toplak, Peter Hudac, Foteini Setaki
Cetak 3D dan perakitan: Martine de Wit, Jasper Harlaar, Sven de Haan, Ina Cheibas, Joe Platt, Nathalie Swords
Pengembangan material: Henkel
Landscape: Delva Landscape, Boomkwekerij Ebben

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.