Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Sangking Inginnya Menjadi Robot, Neil Harbisson Menanam Antena pada Kepalanya

Sangking Inginnya Menjadi Robot, Neil Harbisson Menanam Antena pada Kepalanya

Urbanloka.com – Robot di masa depan, telah mulai mendominasi dari masa kini. Teknologi-teknologi yang bertujuan memudahkan kehidupan manusia dalam bentuk robot, mulai dikembangkan oleh negara-negara maju. Namun tahukah Anda, kini muncul juga manusia setengah robot yang mulai menyita perhatian publik.

Neil Harbisson, Pria asal Inggris ini bahkan mengklaim dirinya sebagai ‘Cyborg’ alias manusia setengah robot. Ia juga sebagai manusia pertama di dunia yang mengimplankan komponen ke dalam tubuhnya. Komponen yang dimaksud adalah antena yang ia implan di atas kepalanya.

Cyborg sendiri merupakan singkatan dari “Cybernetic Organism”, di mana seorang manusia memiliki bagian tubuh organik dan biomekatronik.

“Antena ini bukan antena sembarangan. Saya memiliknya sebagai bagian organ dari tubuh saya,”Ungkap harbisson seperti dikutip Daily Star.

Mengejutkannya adalah, ia mengungkap antena tersebut telah diimplan ke dalam kepalanya sejak 2004 silam. Menurutnya sensor yang menggantung di antena tersebut dapat membantunya menerjemahkan gelombang cahaya menjadi getaran yang dapat memecahkan kode.

“Antena ini membantu saya untuk mempelajari realitas di luar spektrum visual. Dengan begitu, saya juga bisa merasakan sinar inframerah dan ultraviolet. Saya juga punya koneksi internet di kepala saya. Jadi, saya bisa saja langsung terhubung ke satelit untuk bisa berkirim data dari atau ke luar angkasa,” jelasnya

Harbisson yag juga merupakan pendiri komunitas Cyborg Society and Transpecies Society ini yakin, ke depannya semakin banyak manusia setengah robot yang akan diciptakan di Bumi.

“Di masa depan, bukan tidak mungkin akan lebih banyak manusia dengan bagian robotik yang tertanam di dalam tubuhnya. Pemerintah harus bersiap dengan perubahan ini,” jelas Harbisson.

Hm.. tertarik menjadi Cyborg selanjutnya Urbaners?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.