Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Say No To Sedotan, KFC Kurangi Penggunaan Sedotan Plastik

Say No To Sedotan, KFC Kurangi Penggunaan Sedotan Plastik

Urbanloka.com – Hingga saat ini sampah plastik masih menjadi masalah besar untuk lingkungan. Gerakan tanpa sedotan plastik ini bertujuan untuk menjaga biota laut karena terdapat 11 miliar fragmen plastik yang mengendap di terumbu karang Asia-Pasifik.

Lebih jauh tentang gerakan ini, adalah gerakan yang mengajak setiap orang untuk berhenti menggunakan sedotan plastik dari KFC. Awalnya, gerakan ini hanya diterapkan pada enam gerai saja. Secara perlahan, aksi ini meluas ke 233 gerai di Jabodetabek pada akhir 2017. Pada Mei lalu, gerakan ini menjadi gerakan nasional dan berlaku di 630 gerai.

Gerakan tersebut tak lagi menyediakan langsung sedotan plastik berukuran kecil dengan menghilangkan dispenser sedotan. Sedotan plastik hanya diberikan jika konsumen benar-benar membutuhkannya dan meminta langsung ke pelayan. Hasilnya, gerakan tanpa sedotan plastik ini berhasil mengurangi pemakaian sedotan plastik sebanyak 45 persen dari total penjualan rata-rata 5 juta minuman setiap bulannya untuk kawasan Jabodetabek saja.

Secara nasional, Hendra menargetkan gerakan ini mampu menurunkan penggunaan sedotan plastik hingga 100 persen. Namun, dia menyadari hasil ini tak bakal didapat dalam jangka yang cepat. Selain itu, Hendra juga menyebut perusahannya tengah mencari cara untuk mengganti sedotan berukuran besar untuk minuman berjenis float dan sedotan tipis untuk minuman hangat seperti kopi yang masih disediakan di gerai-gerai di tokonya.

Hendra, perwakilan dari KFC mengatakan jenis sedotan itu rencananya bakal diganti dengan bahan lain yang ramah lingkungan. Gerakan tanpa sedotan plastik atau #Nostrawmovement yang sukses dijalankan di Indonesia, diadopsi oleh negara tetangga, Singapura.

Gerakan ini kini juga sedang dikaji untuk ditiru oleh Filipina dan Australia. Secara nasional, gerakan diharapkan mampu menurunkan penggunaan sedotan plastik hingga 100 persen dalam jangka waktu lima tahun ke depan.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.