Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Selalu Siaga Hadapi Tsunami, Ini Beberapa Hal yang Dapat Anda Lakukan

Selalu Siaga Hadapi Tsunami, Ini Beberapa Hal yang Dapat Anda Lakukan

Urbanloka.com – Selalu siaga saat gelombang tsunami datang, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika terjebak bencana Tsunami. Check it out!

JANGAN PANIK

Saat gelombang tsunami sudah terlihat, tetaplah berusaha tenang agar dapat berfikir jernih dan mampu bertindak cepat. Sebab kepanikan sesungguhnya hanya akan menghambat Anda untuk berpikir dengan jernih dalam mencari jalan keluar. Segera berlari dan peringatkan semua orang yang berada di sekitar Anda.

BERLARI KE TEMPAT TINGGI

Cari tempat yang lebih tinggi untuk mengantisipasi terjangan gelombang air yang tinggi dan akan menerjang tubuh Anda. Sebab tahukah Anda, tinggi gelombang tsunami dapat mencapai 24 meter lho! Mulai dari pohon kelapa, hingga gedung misalnya yang tiga lantai. Jangan pilih gedung yang kelihatan rapuh dan tua. Tetap diam di tempat tinggi tersebut sampai air kembali surut. Jangan bergerak atau berpindah apabila air belum surut, karena gelombang air susulan bisa saja terjadi.

LUPAKAN HARTA BENDA

Saat gelombang air mulai datang, hal yang harus Anda ingat paling utama ialah nyawa Anda sendiri. Jangan kembali hanya untuk menyelamatkan harta benda milik Anda. Membawa banyak barang tentunya akan mempersulit Anda ketika hendak menyelamatkan diri. Ikhlaskan apapun yang Anda tinggal, selamatkan diri sendiri.

HINDARI MOBIL SEBAGAI MEDIA EVAKUASI

Jangan naik kendaraan saat tsunami terjadi! Ukuran mobil yang cukup besar tentunya akan membuat Anda sulit menembus kerumunan orang. Tak hanya itu saja, ketika terjebak dalam mobil tentunya Anda akan kesulitan membuka pintu karena tekanan air di sekitarnya. Jika tenggelam, tentunya air akan masuk ke dalam mobil dan membuat Anda ikut tenggelam. Hal tersebut akan semakin menyulitkan Anda bertahan hidup.

WASPADA

Bencana alam bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Terlepas dari apakah wilayah tersebut rawan bencana atau tidak. Itulah mengapa sikap waspada dan siaga harus senantiasa Anda lakukan agar dapat meminimalisasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Demikian tips, semoga bermanfaat!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.