Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Siapkan Dana Darurat dengan 6 Tips & Trik Ini Urbaners

Siapkan Dana Darurat dengan 6 Tips & Trik Ini Urbaners

Urbanloka.com – Dengan Semakin meningkatnya kebutuhan, seringkali membuat kita lupa akan pentingnya menyisihkan dana darurat. Padahal, mempersiapkan dana tersebut akan sangat membantu keuangan Anda tetap sehat dan terkelola. Berikut dibawah ini 6 caranya yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari

PENDAPATAN & PENGELUARAN

Catat secara rinci pendapatan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Khusus pengeluaran, tuliskan secara rincian untuk apa saja. Setelah mengetahui nominal arus keuangan barulah dapat mengetahui berapa jumlah dana yang bisa disisihkan untuk keperluan dana darurat. Idealnya, kumpulkan dana darurat sebesar enam kali total pendapatan dengan besaran 10% dari total pendapatan atau gaji bulanan bagi yang masih single, sementara bagi yang sudah berkeluarga—kumpulkan dana darurat sebanyak dua belas kali pendapatan/gaji setiap bulan. 

ANGGAP DANA DARURAT SEBAGAI HUTANG

Agar terkumpul secara konsisten, berdisiplinlah. Anggap dana darurat sebagai utang yang harus dibayarkan. Logikanya, Anda berutang kepada diri Anda di masa depan untuk keuangan yang lebih aman. Agar lebih mudah, kumpulkan dana darurat di dalam rekening terpisah dari rekening penerimaan gaji. Usahakan untuk sisihkan 10% sebagai tabungan dana darurat setiap bulannya.

KURANGI PENGELUARAN KONSUMTIF

Tentukan prioritas. Mana yang lebih penting, berhura-hura dan menghabiskan uang untuk keperluan konsumtif atau menabung. Berkomitmenlah untuk mengubah mindset serta gaya hidup jika ingin benar-benar mewujudkan rencana ini.

MILIKI ASURANSI

Memiliki asuransi menjadi bagian penting sebagai salah satu caranya agar keuangan tetap stabil ketika ada kejadian tak terduga, misalnya sakit atau kecelakaan. Oleh sebabnya, miliki asuransi kesehatan atau asuransi perjalanan untuk antisipasi hal-hal tidak terduga itu perlu.

EVALUASI ARUS KEUANGAN 6 BULAN SEKALI

Lakukan evaluasi setiap enam bulan untuk arus pengeluaran dan pemasukan keuangan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah Anda sudah berhasil memiliki dana darurat atau sebaliknya, juga kemana saja arus pengeluaran Anda.

MULAI SECARA BERTAHAP

Manajemen keuangan yang baik membutuhkan proses dan yang terpenting mulailah secara bertahap. Ingat, kondisi keuangan yang buruk tidak baik bagi kesehatan mental dan fisik. Itulah sebabnya disarankan untuk mengelola keuangan dan punya dana cadangan agar senantiasa aman dan nyaman demi keselamatan di masa depan. 

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.