Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Solusi Hemat Air dengan Penggunaan Toilet Kompos

Solusi Hemat Air dengan Penggunaan Toilet Kompos

Urbanloka.com – Toilet kompos, sebagai solusi penghematan air pada hunian, juga menghemat biaya penjernihan air dan pada akhirnya akan menyuburkan tanah dengan kompos. Jadi ketimbang menekan tombol penyiram air, dengan toilet kompos orang hanya perlu menuangkan dua sendok skup bubuk kayu.

Humanure dan Loo Loveable

Tiny Tack Toilet/ Chris Tack/ click here for more bathroom photos

Sebagian besar Humanure Handbook merupakan review dari masalah apa yang harus kita lakukan dengan kotoran serta berbagai alternatif yang tersedia untuk toilet kompos, hanya membutuhkan listrik dan pemeliharaan biasa. Sistem Jenkins merupakan suatu sistem yang sederhana. Anda hanya perlu meletakkan bahan organik pada kotoran Anda, dan kemudian kotoran tersebut dapat digunakan sebagai pupuk kompos, untuk kebun dan tanaman Anda.

Loveable Loo Instructions

Ketika kotoran yang berbau busuk disimpan ke dalam toilet humanure, ditutupi dengan bahan organik yang bersih untuk mencegah bau, ia akan menyerap kelembaban dan menyulapnya menjadi bahan untuk pembuatan kompos.

Bahan yang kaya dengan kandungan karbon seperti serbuk kayu, dapat menyeimbangkan kadar nitrogen yang tinggi didalam kotoran manusia, dan akhirnya dapat mendorong proses dekomposisi aerobic, dengan cara yang sama pada cara kerja pembuatan kompos ditaman.

Berbeda dengan toilet jongkok yang ada di taman nasional dan tempat perkemahan, yang memancarkan bau mengerikan disebabkan oleh reaksi anaerobik karena terlalu banyak nitrogen sementara cairan dan oksigen tidak cukup. Mikroba akan senang mengurai limbah menjadi kompos dan akhirnya Anda akan mendapatkan pupuk yang bagus dan tidak bau. Pupuk ini memiliki tekstur yang sama dengan kompos taman.

Di toilet kompos, kelebihan cairan akan menguap, sehingga limbah akan menyusut sambil terurai dan mikroba kecil didalam kotoran akan menyerap setiap bau yang keluar. Pupuk kompos kemudian dapat digunakan untuk menyuburkan tanah kebun, tapi tidak untuk kebun sayur.

Serbuk gergaji dari kayu menjadi papan ideal, tetapi bahan lainnya dapat digunakan tergantung pada apa yang tersedia. Beberapa orang memanfaatkan sekam padi, sabut kelapa, gambut, dan daun yang membusuk sebagai salah satu materi, yang membantu keberhasilan operasi dari toilet humanure. Tonton dengan lebih lengkap disini Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.