Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Solusi Rancangan Hunian yang Megah & Intim Sekaligus untuk Keluarga Besar

Solusi Rancangan Hunian yang Megah & Intim Sekaligus untuk Keluarga Besar

Urbanloka.com – Hunian yang merujuk pada menara di pedesaan Kent ini dirancang oleh arsitek Inggris James Macdonald Wright dan Niall Maxwell. Memenangkan kompetisi RIBA House of the Year 2017, yuk kita simak detail menariknya berikut ini Urbaners.

House of the Year atau yang sebelumnya dikenal sebagai RIBA Manser Medal ini diberikan oleh Royal Institute of British Architects untuk sebuah hunian dengan ekstensi terbaik di Inggris.  Merupakan hasil rancangan Arsitek James Macdonald Wright dari Arsitek Macdonald Wright dan Niall Maxwell dari Rural Office for Architecture.

Dinobatkan sebagai prototipe hunian yang “berani” untuk kehidupan multi generasi, oleh para juri.  Karena dapat menampung hingga tiga generasi dalam satu keluarga. Dibagi menjadi empat blok yang saling terhubung satu sama lain, dan dapat ditempati oleh empat unit keluarga: mulai dari penghuni utama, putri mereka hingga anak-anaknya.

“Rumah ini berhasil mengeksplorasi metode, material dan kerajinan arsitektural baru yang memungkinkan kita untuk mengonsep hunian masa depan dengan kehidupan multi generasi,”ungkap presiden RIBA Ben Derbyshire.

Proyek ini sendiri dipilih oleh dewan juri yang diketuai oleh direktur studio London DSDHA, Deborah Saunt. Pemenang penghargaan tahun lalu, Richard Murphy, Sandra Coppin dari Coppin Dockray Architects, dan Jenny Eclair, seorang penulish pemenang medali RBA RIBA 2005.

Para juri memuji kemampuan arsitek untuk mengubah tanah seluas 1.400 meter persegi ini, juga dengan pandainya “menciptakan hunian dengan keseimbangan antara ruang dan skala untuk mewujudkan kemegahan serta keintiman keluarga”.

Desain ruang keluarga yang  sengaja diletakan di halaman tengah, yang memungkinkan keluarga berbagi waktu dalam mengurus anak serta membiarkan keluarga menghabiskan waktu bersama dalam waktu yang lebih lama, Urbaners.

“Di era digital, yang membuat kita semakin terionisasi dan individualis, merancang hunian untuk keluarga berkumpul adalah solusi terbaik” lanjutnya.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.