Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Spacebit, Rancang Robot Laba-laba Penjelajah Bulan

Spacebit, Rancang Robot Laba-laba Penjelajah Bulan

Urbanloka.com – Spacebit, Perusahaan ruang angkasa swasta Inggris tengah berencana mengirim robot berbentuk laba-laba ke Bulan. Misi uji pertama robot ini dijadwalkan pada 2021 mendatang. Simak lengkapnya berikut ini Urbaners!

Robot ini akan diluncurkan di atas pesawat Peregrine yang akan sampai ke Bulan berkat roket United Launch Alliance Vulcan. CEO Spacebit sendiri telah melakukan persentasi mengenai misi tersebut, di hadapan para delegasi di Kongres Astronautika Internasional pada 24 Oktober lalu. Ini adalah berita besar bagi perusahaan startup yang bergabung dengan misi ke Bulan.

Robot laba-laba ini memungkinkannya menggali celah-celah yang tidak dapat diakses oleh penjelajah ruang angkasa. Dibangun di atas kerangka unit tunggal cubesat berukuran kecil, beratnya sendiri haya 1,5 kilogram. Meskipun tidak memiliki roda, namun ia dilengkapi dengan empat kaki berdesain sempurna.

Menelan biaya sekitar 3 juta dolar AS. Robot laba-laba ini akan melakukan misinya selama 10 hari untuk mengenali medan Bulan menggunakan kamera video full HD bawaan. Sebab ukurannya yang kecil maka konsumsi daya robot ini akan lebih sedikit, yang sepenuhnya dilengkapi dengan panel surya dan baterai built-in.

Robot juga akan dilengkapi mata laser untuk mengambil data kedalaman, sistem LIDAR 3D untuk memetakan medan di sekitarnya secara detail dan mengirimnya kembali ke Bumi.

Selain itu, Spacebit juga mengatakan bahwa robot laba-laba tersebut bisa melompat. Sayangnya, perusahaan belum memberikan detail seberapa tinggi robot itu bisa melompat dalam tekanan gravitasi Bulan. Simak lengkapnya pada video dibawah ini Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.