Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Steril Box, Kontainer Pertolongan Pertama untuk Berbagai Kondisi Darurat

Steril Box, Kontainer Pertolongan Pertama untuk Berbagai Kondisi Darurat

Urbanloka.com – Di negara-negara berkembang, terutama di daerah pedesaan atau kota kecil, fasilitas medis sering kali sangat terbatas, begitu juga dengan fasilitas Listrik yang tidak dapat diandalkan sehingga berdampak kepada sulitnya akses terhadap berbagai peralatan medis khusus seperti autoclave, yang digunakan di rumah sakit modern untuk mensterilkan peralatan bedah pasien.

Sumber Foto: Jeff Fitlow atau Rice University

Sumber Foto: Jeff Fitlow atau Rice University

Fasilitas medis sangat penting untuk masyarakat namun sepertiga dari pasien yang menjalani operasi kerap berakhir dengan infeksi bedah. Infeksi ini dapat memperburuk kondisi pasien jika tidak ditanggulangi dengan segera. Penyebab utamanya adalah peralatan bedah yang belum sepenuhnya steril.

Profesor Douglas Schuler dari Rice University dan mahasiswa pascasarjananya kemudian mengembangkan cara untuk mensterilisasi peralatan bedah, dengan menggunakan Steril Box. Tim bereksperimen dengan sterilisasi surya selama bertahun-tahun yang berfokus pada peralatan bedah yang dapat digunakan di manapun dan kapanpun.

Sebuah lokasi utama kemudian dibangun dengan menggunakan kontainer standar, namun menyediakan segala sesuatu yang diperlukan untuk mempersiapkan instrumen bedah secara aman, seperti sistem air untuk dekontaminasi dan autoclave bertenaga surya untuk sterilisasi uap. Baca Juga: Rumah Darurat Bencana Ini Dapat Dibangun Hanya Dalam Waktu 5 Menit

The steril Box terdiri dari dua ruang: ruang utama di mana empat langkah sterilisasi berlangsung dan serambi yang terpisah di mana orang luar dapat menerima pensterilan alat bedah melalui jendela khusus. Dua tangki air menangani distribusi air dari atap panel surya serta sistem penyimpanan energi.

Langkah berikutnya adalah menguji sistem dalam pengaturan bedah. Mereka bekerja sama dengan peneliti di Baylor University yang menguji sistem cerdas pada Pod mereka. Tim ini akan melakukan tes unit di Malawi pada tahun 2017, mereka melihat bahwa steril Box juga dapat digunakan di luar bedah, tetapi juga untuk membantu perawatan ibu dan bayi yang baru lahir, perawatan gigi dan pertolongan pertama pada berbagai bantuan bencana. Sangat menarik bukan Urbaners? Tonton Video lengkapnya disini 

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment