Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Strategi Pengaturan Keuangan Terbaik Rumah Tangga Yaitu 50:30:20

Urbanloka.com – Ketika sudah berkeluarga, pada umumnya secara otomatis wanita akan menjadi pengatur keuangan keluarga. Meskipun tidak mudah, hal ini tetap dapat dipelajari. Rheza Karyanto, Assistant Vice President Head of Investment, Bancassurance, and Treasury Products Commonwealth Bank Indonesia, kemudian membagi tipsnya untuk para istri menggunakan strategi 50,30,20.

Bagi anggaran sesuai dengan prioritas, 3 anggaran utama ini diantaranya:

50% = PENGELUARAN WAJIB

Dia menyarankan porsi 50% dari pendapatan bulanan digunakan untuk pengeluaran wajib dan fleksibel. Pengeluaran wajib contohnya cicilan rumah, asuransi, pajak, biaya listrik, dan air. Pengeluaran fleksibel adalah pengeluaran yang bisa dinegosiasikan oleh kita sendiri, misalnya tagihan kartu kredit, tagihan biaya telepon, biaya transportasi, makan, sekolah anak, dan bantuan keuangan untuk orangtua.

30% = TABUNGAN & INVESTASI

Investasikan dana minimal 30% dari pendapatan di awal, dan bukan sisa dari pengeluaran lainnya. Artinya, di saat kita menerima gaji, segera sisihkan 30% paling sedikit untuk ditabung dan investasi. Inilah kunci utamanya untuk mewujudkan impian keluarga, gunakan hasilnya untuk dana pendidikan anak, dana liburan ke luar negeri atau umroh, dan lainnya.

20% = HIBURAN

Sisa dari pendapatan bulanan, sisihkan sekitar 20% diantaranya untuk biaya rekreasi seperti jalan-jalan, belanja baju, dan entertainment lainnya. Pengeluaran ini bisa diatur sesuai kebutuhan dan bahkan dihilangkan karena sifatnya yang ‘hura-hura’.

Jika sudah tahu strateginya, ada satu hal yang tak kalah pentingnya yaitu disiplin. Patuhi budget yang sudah ditentukan sehingga mimpi keluarga terwujud satu per satu.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.