Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

T-shirt Pintar yang Mampu Memantau Masalah Pernafasanmu

T-shirt Pintar yang Mampu Memantau Masalah Pernafasanmu

Urbanloka.com – Kami telah melihat berbagai “pakaian cerdas” selama bertahun-tahun, yang umumnya berfungsi seperti pelacak kebugaran yang dapat dipakai, dikemas dengan peralatan penginderaan untuk menangkap berbagai data biometrik. Namun Periset di Kanada ini lebih fokus dalam menciptakan kaos pintar dengan membantu mendiagnosis penyakit pernafasan atau untuk pemantauan tingkat pernapasan secara real-time, bagi mereka yang memliki penyakit asma, apnea tidur atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Tantangan bagi para peneliti di Université Laval, Fakultas Sains dan Teknik dan Pusat Optik, Photonics, dan Laser-nya, menciptakan T-shirt pintar yang beroperasi tanpa kabel, elektroda atau sensor yang perlu bersentuhan langsung dengan tubuh pemakainya. .

Untuk mencapainya, mereka menyematkan T-shirt dengan antena yang terbuat dari serat optik berongga dan dilapisi dengan lapisan tipis perak yang berada di bagian dada peggunanya. Antena berfungsi baik sebagai sensor dan pemancar, mengumpulkan dan mentransmisikan data pada gerakan pernafasan tubuh. Pada setiap nafas, serat pintar melacak lingkar toraks dan volume udara di paru-paru.

“Cara kerjanya adalah dengan mengubah beberapa frekuensi resonansi antena,” jelas Profesor Younes Messaddeq, “Itu sebabnya T-shirt tidak perlu ketat atau bersentuhan langsung dengan kulit pemakainya. Osilasi yang terjadi dengan setiap helaan nafas sudah cukup bagi serat untuk merasakan laju pernafasan pengguna.”

Idenya adalah bahwa T-shirt pintar ini akan mengirimkan datanya secara real time ke smartphone atau komputer, memungkinkan pemantauan pola pernafasan yang dapat membantu mendiagnosis penyakit tertentu. Teknologi ini juga bisa bekerja sebagai monitor real-time, yang berpotensi membiarkan alarm dipicu bagi mereka yang menderita respirasi tidak teratur saat mereka tidur.

Karena serat pintar itu ringan dan bisa disisipkan dengan mudah ke T-shirt biasa. Peneliti mencatat bahwa hal ini tidak menghambat pergerakan alami dan menawarkan data yang andal terlepas dari apakah pemakainya berbaring, berdiri, bergerak atau duduk.

Manfaat utama lainnya adalah bahwa garmen tersebut dapat dicuci dengan cara biasa tanpa merusak komponen internal apa pun karena permukaan serat cerdas yang dilapisi oleh polimer dan memungkinkannya tahan terhadap mesin cuci tanpa masalah.

Teknologi ini masih dalam tahap awal, namun tim memperkirakan akan segera menerapkannya dalam salah satu cara pemantauan pasien di rumah sakit atau panti jompo.

Sumber: Université Laval (Prancis)

Submit a Comment