Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Terapkan Tips & Trik Ini untuk Kembangkan Bisnis Anda Lebih Maju Lagi

Terapkan Tips & Trik Ini untuk Kembangkan Bisnis Anda Lebih Maju Lagi

Urbanloka.com –  Memulai bisnis tentunya bukanlah hal yang mudah, berikut ini beberapa tips dan trik yang perlu Anda pahami dan terapkan untuk memperlancar bisnis Anda, apa sajakah itu? Check it out!

RENCANA BISNIS 1 TAHUN PERTAMA

Buatlah rencanna bisnis selama satu tahun pertama, rencaana ini berisi seluruh perkiraan penjualan dan berapa anggaran yang dibutuhkan dalam memenuhinya. Hal ini sangat penting dalam memulai bisnis, dan Anda juga harus punya “Plan B” manakala rencana pertama tidak bekerja dengan baik sesuai harapan.

SIAP DENGAN HAL TAK TERDUGA

Bersiaplah dengan berbagai hal tak terduga, karena ada saja hal yang berjalan diluar rencana dan tidak sesuai dengan harapan Anda. Apalagi bagi bisnis baru, yangs angat rentan terhaadap banyak hal. Karenanya buatlah strategi yang baik untuk mencegah hal-hal tak terduga tersebut.

DIVERSIFIKASI BISNIS

Seperti halnya berinvestasi, bisnis juga harus menerapkan metode diversifikasi. Usahakan agar target penjualan Anda diarahkan ke tipe pelanggan yang bervariasi, sehingga risiko-risiko tidak lakunya produk bisa diminimalisir. Apabila produk yang Anda tawarkan ditujukan secara khusus kepada satu target pelanggan sesuai dengan demografisnya, bisnis Anda akan mengalami masalah besar apabila target pelanggan tersebut berpindah haluan ke produk yang lebih efisien bagi mereka. Perlahan bisnis Anda mulai ditinggalkan. Apabila Anda memiliki produk lain dengan target yang berbeda, itu artinya Anda masih memiliki ‘alternatif’ pasar yang bisa ditarget.

JANGAN HANYA BERSERAH PADA SATU SUPPLIER

Banyak bisnis yang terhambat untuk berkembang karena selama ini hanya mengandalkan satu vendor/penyuplai saja, teristimewa bila vendor/penyuplai tersebut juga merupakan UKM. Bila terjadi sesuatu pada vendor/penyuplai Anda maka kegiatan produksi hingga penjualan akan sangat terhambat, sehingga tentu saja akan menghambat perkembangan bisnis Anda.

KELOLA KAS DENGAN BAIK

Pahami dan kelola sedari awal arus kas bisnis Anda, baik pengeluaran maupun pendapatan. Catat setiap pengeluaran dan pendapatan dengan baik sedari awal bisnis berjalan.

PISAHKAN UANG PRIBADI & BISNIS

Keuangan bisnis hendaklah tetap digunakan hanya untuk kebutuhan bisnis, jangan libatkan kebutuhan pribadi, begitu pun sebaliknya. Tetap konsisten dalam mengelola keuangan bisnis dan pribadi namun pisahkan setiap metode pengelolaan dan catatan-catatan yang berhubungan dengannya.

COBA SEGALA PELUANG

Jangan taktut mencoba, manfaatkan peluang baru sama dengan memungkinkan bisnis Anda untuk berekspansi lebih jauh, mendapatkan target pelanggan baru, dan memperluas strategi bisnis Anda.Hal ini merupakan salah satu tips mengembangkan bisnis yang tidak boleh diabaikan.

Demikian tips, selamat mencoba yah!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.