Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ternyata Kardus dapat Menjadi Materi Konstruksi Utama Pembangunan Rumah Lho

Ternyata Kardus dapat Menjadi Materi Konstruksi Utama Pembangunan Rumah Lho

Urbanloka.com – Tentunya kardus tidak pernah tampak seperti bahan yang cocok untuk materi utama bangunan. Namun, seorang arsitek berhasil memenangkan penghargaan karena penggunaan Kardus sebagai struktur utama pembangunan rumah untuk bantuan bencana, serta sebagai rancangan konstruksi utama pembangunan jembatan. Studio Desain Belanda Fiction Factory kini menawarkan microhome yang dibangun dari karton berlapis yang mereka jamin akan bertahan bahkan hingga 100 tahun. Mari kita simak seperti apa detail interiornya Urbaners.

Dijuluki Wikkelhouse (harfiah “wrapper rumah”), rumah yang terbuat dari karton bergelombang tahan lama yang ini telah direkatkan menggunakan perekat khusus yang extra kuat namun tetap ramah lingkungan.

Lapisan-lapisan struktur bangunan kemudian dibungkus menggunakan segmen modular hunian sehingga terjamin dalam segi kekuatan struktur dan isolasi.

Berukuran 1,2 meter (47 inci) dan tebal 500-kilogram (1.100 pon) Modul ini dapat digabungkan dengan modul lain untuk membentuk struktur yang lebih besar, tanpa perlu landasan monolitik. Desain modular memungkinkan untuk skalabilitas, tata letak yang fleksibel dan kemudahan kustomisasi serta perakitan.

Setelah mengangkut modul ke situs, perakitan hanya membutuhkan waktu sekitar satu atau dua hari saja. Menurut perusahaan, Wikkelhouses diperkirakan mampu bertahan bahkan hingga selama beberapa dekade (30 tahun);  modul ini juga dapat dipindahkan kemana saja untuk digunakan kembali atau didaur ulang.

Jendela dapat ditambahkan sesuai keinginan. Fasilitas seperti dapur, dan kamar mandi juga bersifat customize, sedangkan interior didominasi oleh panel kayu lapis untuk dinding, sehingga huniab terlihat minimalis namun tetap alami dan hangat.

Sumber Foto: Wikkelhouse

Sumber Foto: Wikkelhouse

Setiap modul pada hunian ini dibandrol dengan harga sekitar USD $ 4500, sementara untuk versi hunian yang siap pakai, dari Wikkelhouse dibandrol dengan harga sekitar USD $ 80.000.

Wikkelhouse dinominasikan untuk ARC15 Innovation Award tahun lalu, dan perusahaan ini kini bekerja pada versi off-grid “Karton merupakan materi yang begitu undervalued dibanding bahan bangunan lainnya, sangat ringan, dan kuat” Demikian disampaikan oleh Rick Buchter dari Wikkelhouse. Penasaran seperti apa detail hunian dari karton ini? Simak videonya Urbaners > https://youtu.be/si6fjHuCj7Q

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.