Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Tetap Sehat dan Bugar Selama Berpuasa dengan Kiat Jitu Ini Urbaners

Tetap Sehat dan Bugar Selama Berpuasa dengan Kiat Jitu Ini Urbaners

Urbanloka.com – Sangat penting untuk tetap bugar dan fit selama menjalankan ibadah puasa Urbaners. Sebab kita tetao menjalani aktivitas yang biasanya, namun dalam keadaan menahan lapar, haus dan hawa nafsu sepanjang hari. Lalu bagaimana caranya tetap sehat dan semangat 100% meskipun sedang berpuasa? Berikut ini beberapa tipsnya. Check it out!

JANGAN LEWATKAN SAHUR

Melewatkan sahur untuk waktu tidur yang lebih lama tidak dianjurkan Urbaners. Makanlah yang cukup, dengan gizi seimbang selama sahur. Konsumsilah biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan serat. Gizi seimbang juga bisa didapatkan dari nasi merah, ayam, tahu, tempe, sayuran, buah-buahan, dan segelas air putih. Serta jangan lupa minum yang cukup agar tubuh terhidrasi sepanjang hari.

PILIH KARBO KOMPLEKS

Karbohidrat sederhana dipecah sangat cepat oleh tubuh untuk digunakan sebagai energi. Sedangkan karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, oat, dan beras hitam membuat kita kenyang lebih lama Urbaners.

BEBRUKA DENGAN KURMA

angan langsung menyantap makanan besar setelah kelaparan sepanjang hari. Biasakan menyantap satu sampai tiga butir kurma dan meminum segelas air putih terlebih dahulu begitu adzan Maghrib berkumandang.

HINDARI KAFEIN &  MINUMAN MANIS

Kafein bersifat diuretik yang membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang. Cobalah mengurangi minuman berkafein secara berlebihan selama bulan Ramadan. Selain itu Tanpa disadari, minuman manis yang kita jumpai lalu kita konsumsi secara rutin di bulan Ramadan telah memenuhi 1.000 kalori yang dibutuhkan tubuh per hari. Ingat, agar terhindar dari kenaikan berat badan selama puasa, energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk. Lebih baik minum segelas air putih atau infused water agar mendapatkan manfaatnya.

PENUHI KEBUTUHAN CAIRAN

Enam puluh persen tubuh kita terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa. Untuk itu minumlah teratur di malam hari dan selama sahur, guna membantu kita tetap waspada dan terhidrasi.

TIDUR CUKUP

Karena kita akan bangun untuk sahur, usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Misalnya sesudah sholat taraweh. Sebab, kurang tidur memengaruhi kinerja otak dan dapat menyebabkan sejumlah penyakit dalam jangka panjang, serta risiko obesitas mengintai Urbaners,

Demikian tips, semoga bermanfaat. Selamat berpuasa!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.