Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mengintip Eksplorasi Dekorasi Hunian dan Ruang Kerja ala RAW Architecture

Mengintip Eksplorasi Dekorasi Hunian dan Ruang Kerja ala RAW Architecture

Urbanloka.com – The Guild, kantor RAW Architecture, didesain oleh Realrich Sjarief pemiliknya. RAW seperti sebuah Roseto (kota kecil di Italia yang terkenal dengan keakraban warganya) dan keyakinan akan kerjasama pengrajin dan perancang untuk mendapatkan hasil terbaik sebuah desain. Simak lengkapnya berikut ini Urbaners.

Bangunan seluas 110 m2 menempati area 150 m2 di lahan seluas 375 m2 di sudut jalan perumahan Villa Meruya, Jakarta Barat. Tembok beton berhiaskan juntaian lee kuan yew melindungi bangunan di dalamnya. Jendela lingkaran bukaan dua daun menjadi akses view dan sirkulasi udara.

Ketika ditelusuri lebih dalam, ternyata bangunan ini bukan sekedar rumah keluarga, tetapi studio dan kantor arsitek. Yang menakjubkan lagi, kantor arsitek ini dilengkapi perpustakaan serta klinik kesehatan gigi.

The Guild, bangunan tiga fungsi; rumah, kantor arsitek, dan perpustakaan umum, dituntut memenuhi semua fungsi dengan sebaik mungkin. Sebagai rumah yang bersifat sangat pribadi dengan kamar tidur utama, dapur, ruang keluarga, ruang belajar mungil, dan ruang doa, ukuran bangunan beserta elemennya disesuaikan dengan kebutuhan anggota keluarga.

Sebagai kantor arsitek, skalanya diperhitungkan sesuai jumlah pekerja dan aktivitas yang ingin ditampung. Sebagai perpustakaan, desainnya harus memberikan kenyamanan sekaligus ketertiban. Penggabungan ketiga fungsi dengan karakter dan kebutuhan privasi yang berbeda, ditampung sekaligus dalam The Guild dengan apik dan sempurna.

Struktur kedua difungsikan sebagai area kerja di garasi bangunan utama. Studio berbentuk persegi 6×6 m2 dilengkapi void kecil dengan skylight meruncing dari beton yang bercelah-celah kecil sebagai sumber cahaya dan sirkulasi udara. Ruang kerja dirancang dengan konsep efisiensi untuk menciptakan kebersamaan dan kekompakan arsitek, desainer, drafter, dan pekerja lainnya di tengah kesibukan proyek-proyek arsitektur.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.