Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Tips Bisnis Urbanloka : Strategi Diskon untuk Memelihara Loyalitas Pelangganmu Urbaners!

Tips Bisnis Urbanloka : Strategi Diskon untuk Memelihara Loyalitas Pelangganmu Urbaners!

Urbanloka.com – Strategi diskon adalah praktik bisnis yang umum dilakukan. Memberikan Diskon, penawaran loyalitas pelanggan, dan strategi harga serupa lainnya mungkin akan memberi dampak yang tidak baik pada penjualan Anda Urbaners.

Sebelum menerapkan dan memotong harga produk hingga setengahnya dengan harapan mendorong penjualan setiap penawaran khusus, Anda harus terlebih dahulu merencanakan dan memeriksa struktur harga, hal ini dilakukan untuk memastikan margin keuntungan, serta sebuah penjualan tanpa rencana adalah bencana.

Berikut adalah beberapa langkah dasar ketika Anda ingin merencanakan diskon dan strategi harga:

  • Mengidentifikasi margin keuntungan yang ada, break-even point, dan markup harga yang masuk akal
  • Mengidentifikasi diskon penjualan apa yang sekiranya masih menghasilkan keuntungan
  • Mencari tahu apa yang dilakukan kompetitor termasuk diskon dan promosi serupa yang juga mereka tawarkan
  • Pikirkan cara-cara lain untuk meningkatkan penjualan tanpa harus menurunkan harga
  • Mengidentifikasi beberapa waktu selama tahun yang biasanya penjualan produk terlihat menurun
  • Setelah Anda telah mengambil langkah-langkah di atas, maka Anda dapat mencoba strategi diskon dan penjualan. Berikut 11 strategi diskon yang bisa diterapkan untuk penjualan produk Anda.

Memahami Psikologi Penetapan Harga
Jika Anda bertanya-tanya mengapa penjual retail repot-repot untuk mengambil 1 rupiah dari harga produk mereka, harga itu misalnya Rp. 9.990 dan Rp. 16.999. Mengapa mereka tidak membulatkannya saja? Jawabannya ada hubungannya dengan psikologi.

Strategi harga berdasarkan pada sebuah ide bahwa harga memiliki efek psikologis terhadap keputusan pembelian customer. Karena misalnya, sebuah produk berharga Rp. 9.990, kemungkinan Anda masih percaya itu masih lebih murah dari Rp. 10.000. Perusahaan/bisnis yang sukses menggunakan harga psikologis ini dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan yang didapat.

COBA PRESENTASE DISKON

Menawarkan diskon berdasarkan persentase tertentu adalah salah satu cara yang paling populer untuk memberikan insentif pembelian. Persentase yang Anda pilih benar-benar tergantung pada seberapa banyak Anda ingin mengarahkan penjualan. Misalnya, Anda dapat dengan mudah dan aman, menawarkan diskon kecil dari 5 sampai 10 persen hanya akan menarik minat pembeli agar membeli produk Anda, di sisi lain, diskon 25 persen, 50 persen, dan 70 persen yang besar, jika Anda ingin menghabiskan stok lama yang hanya memenuhi ruang penyimpanan. Dalam kasus seperti ini, mungkin lebih efisien untuk menghabiskan produk-produk lama.

GRATIS BIAYA KIRIM

Banyak customer yang meninggalkan keranjang belanja mereka. Salah satu penyebabnya adalah, ketika mereka di halaman pembayaran, mereka mendapati bahwa biaya pengiriman atau ongkos kirim lebih besar daripada harga produk yang mereka beli. Gratis biaya pengiriman atau free ongkir mungkin tampak akan meningkatkan biaya dan mempengaruhi keuntungan. Tetapi ada alasan yang bagus untuk menawarkan itu free ongkir. Yaitu, dapat mendorong mereka untuk membeli produk Anda. Jika produk Anda memang bagus, mereka bisa menjadi pelanggan setia produk Anda nantinya. Ini berhubungan dengan customer lifetime value (CLTV).

CLTV sendiri adalah periode di mana customer kembali lagi dan lagi untuk membeli dan menggunakan produk dari bisnis online Anda. Dalam dunia bisnis, tentunya Anda ingin membangun hubungan jangka panjang dengan customer Memancing dengan free ongkir bisa membangub customer lifetime value yang lebih panjang bagi Anda.

FREE GIFT

Free gifts (hadiah gratis) adalah cara yang bagus untuk menumbuhkan minat antara customer Anda. Jika digunakan dengan benar, free gift ini dapat meningkatkan order produk dan membantu menjual produk yang stagnan (kurang laku). Untuk jenis free gifts yang ditawarkan, Anda bisa mempertimbangkan sesuatu yang lebih berharga daripada kupon diskon atau voucher yang biasanya Anda tawarkan. Jenis penawaran yang biasanya hanya dapat ditukarkan ketika seorang customer melakukan pembelian dengan jumlah tertentu.

DISKON MINGGUAN/BULANAN

Meskipun penawaran khusus mingguan dan bulanan adalah strategi penjualan yang cukup kuno, tapi itu masih merupakan cara yang bagus untuk menumbuhkan loyalitas customer. Jika Anda secara teratur membuat penawaran/diskon, ini bisa mendorong pembeli untuk terus kembali dan melihat apa yang ditawarkan oleh bisnis Anda Urbaners. Contoh dari toko online yang memberikan penawaran rutin adalah Blibli.com yang bertajuk auto black Friday. Mereka menawarkan berbagai diskon untuk produk yang berhubungan dengan ototmotif setiap hari jumat.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment