Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Tips & Trik Agar Buah yang disimpan di Kulkas Tidak Mudah Busuk

Tips & Trik Agar Buah yang disimpan di Kulkas Tidak Mudah Busuk

Urbanloka.com – Buah merupakan sumber makanan sehat yang seharusnya kita konsumsi setiap hari. Berikut ini beberapa kiatnya lebih awet simpan buah didalam kulkas agar tak mudah busuk Urbaners. Check it out!

APEL & PIR

Buah ini dapat memproduksi gas etilen lebih banyak dibanding yang lainnya. Etilen adalah senyawa yang dapat membantu buah atau sayuran dalam proses pematangan. Maka dari itu, jangan simpan buah tersebut berdekatan. Gunakan wadah terpisah atau bisa juga membungkusnya dulu sebelum disimpan di kulkas.

MANGGA

Mangga juga bisa matang dengan sendirinya. Karenanya banyak orang yang suka menjualnya saat masih mentah. Bagi yang gemar menyantap mangga muda, langsung saja simpan di dalam kulkas. Jika menyimpannya dalam suhu ruangan, proses pematangannya bisa semakin cepat, kira-kira sekitar 3 hari. Mangga matang bisa bertahan hingga dua pekan di dalam kulkas. Namun, mangga yang sudah dikupas atau dipotong hanya dapat bertahan 2-3 hari di dalam kulkas.

PISANG

Berhentilah menyimpan pisang di kulkas, karena rasa dan kualitas pisang akan lebih baik jika disimpan di dalam suhu ruangan. Sayangnya, pisang yang disimpan dalam suhu ruangan hanya bisa bertahan 1-2 hari saja.

SEMANGKA

Semangka utuh bisa bertahan selama 10 hari dalam suhu ruangan, sedangkan di dalam kulkas bisa hingga dua pekan. Sedangkan, untuk semangka potong, Anda harus membungkusnya seperti di supermarket sebelum masuk kulkas. Tindakan tersebut bisa membuat semangka bertahan hingga tiga hari dan rasanya tetap terjaga.

JERUK

Tidak ada syarat dan ketentuan khusus lainnya, jeruk tidak menyebabkan sayuran atau buah di dekatnya menjadi cepat busuk. Hanya saja, usahakan menyimpan jeruk tidak secara bertumpuk. Hal tersebut bisa berdampak rusaknya buah di bawahnya. Dalam suhu ruangan, jeruk bisa bertahan hanya satu pekan. Sedangkan, di dalam kulkas bisa bertahan hingga satu bulan.

ANGGUR

Untuk menjaga rasa manis dan kesegarannya, lebih baik menyimpan anggur dalam kulkas. Sebelum disimpan, anggur dicuci dan dikeringkan dahulu. Anggur bisa bertahan hingga 10 hari di dalam kulkas dan bisa bertahan 3 bulan dalam freezer. Anggur yang disimpan dalam freezer, diamkan dulu pada suhu ruangan sebelum disantap.

Demikian tips, smeoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.