Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Tips & Trik Atur Pengeluaran Bagi Para Freelancer

Tips & Trik Atur Pengeluaran Bagi Para Freelancer

Urbanloka.com – Anda berprofesi sebagai freelancer atau wirausahawan? atau Anda seorang seniman? jika iya sangat menyenangkan tentunya melakukan hal yang Anda suka sebagai pekerjaan, namun juga dengan penghasilan yang tidak tetap. Tetap milikilah keuangan yang sehat, ini yang dapat Anda lakukan.

SUSUN ANGGARAN PER TAHUN

Apabila keluarga memiliki penghasilan yang tidak rutin, baik dari segi frekuensi maupun jumlah, maka wajib hukumnya untuk menyusun anggaran selama satu tahun. Anggaran ini mencakup jumlah penghasilan serta pengeluaran keluarga dalam satu tahun. Bagi pengeluaran Anda menjadi empat kategori pengeluaran, yaitu:

  • Pengeluaran wajib-tetap
  • Wajib-tidak tetap
  • Tidak wajib-tetap
  • Tidak wajib-tidak tetap

MILIKI MINIMAL 3 REKENING

  • Rekening pertama berfungsi sebagai penampung penghasilan. Rekening inilah yang Anda gunakan untuk menampung penghasilan tidak rutin, seperti pembayaran dari klien, bagi hasil dari bisnis, honor dari karya cipta, dan lain-lain.
  • Rekening kedua berfungsi sebagai dompet bulanan. Dana untuk rekening kedua ini diambil dari rekening pertama sejumlah pengeluaran bulanan yang sudah Anda susun dalam anggaran tahunan sebelumnya.
  • Rekening ketiga berfungsi sebagai Dana Darurat. Dana Darurat memegang peran yang sangat penting bagi keuangan keluarga, terutama bagi Anda yang berpenghasilan tidak rutin.

ASURANSI JIWA & KESEHATAN

Prioritaskan untuk membeli asuransi kesehatan karena kesehatan menjadi modal kerja utama bagi Anda yang bekerja secara mandiri atau menjadi pekerja lepas. Jika Anda sudah memiliki tanggungan, maka Anda harus memproteksi penghasilan Anda dengan asuransi jiwa.

Demikian tips tips mendasar dan utama bagi Anda dengan pemasukan tidak tetap setiap bulannya Urbaners. Semoga bermanfaat!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.