Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Tips & Trik Pilih Pisau Terbaik untuk Membantu Kegiatan Masak-memasak Anda

Tips & Trik Pilih Pisau Terbaik untuk Membantu Kegiatan Masak-memasak Anda

Urbanloka.com – Bagi Anda yang gemar memasak, pisau menjadi peralatan dapur yang cukup penting. Berikut ini beberapa kiatnya dapatkan pisau terbaik untuk memasak makanan-makanan kesukaan Anda Urbaners.

ANTI KARAT

Pilih pisau antk karat, Karat pada pisau bisa menempel pada makanan dan dapat menimbulkan penyakit. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat pisau adalah stainless steel sebagai bahan yang tidak berkarat. Bahan lain yang dapat dibuat menjadi pisau adalah keramik. Pisau dari keramik memiliki kelebihan dibanding pisau stainless steel. Kelebihannya adalah pisau keramik tidak perlu diasah untuk tetap tajam. Tetapi, harga pisau keramik lebih mahal dan perlu hati-hati ketika menggunakan pisau keramik karena bisa pecah.

PEGANGAN AMAN

Karena pisau merupakan benda tajam, maka perlu pisau yang aman agar tidak melukai. Salah satu faktor keamanan yang perlu diperhatikan pada pisau adalah pegangan pisau. Pilih pisau dengan pegangan yang nyaman dan tidak musah terlepas. Kayu merupakan pegangan pisau yang paling banyak dipakai karena memenuhi syarat ini. Kayu dapat dibentuk sehingga menjadi bentuk yang nyaman untuk dipegang juga tidak mudah lepas sekalipun dalam keadaan basah.

PISAU DENGAN BILAH LURUS

Pisau yang lurus akan menghasilkan potongan yang rapi. Untuk mendapatkan potongan dengan hasil yang maksimal, perhatikan bilah pisau sebelum membeli.

GUNAKAN SESUAI FUNGSINYA
Berdasarkan kegunaannya, ada beberapa jenis pisau. Misalnya: pisau chef (pisau yang umum digunakan), pisau fillet (untuk membuat fillet daging), pisau jagal (untuk memotong daging), pisau roti (untuk memotong kue), pisau iris, dll. Pilih pisau sesuai kegunaannya agar hasil potongannya maksimal

Berikut beberapa kiatnya merawat pisau tetap awet, Urbaners.

  • Asah secara rutin : Pisau perlu diasah untuk menjaga ketajamannya. Seberapa sering pisau harus diasah tergantung pada seringnya pisau digunakan dan jenis pisau. Semakin sering digunakan, maka pisau harus semakin sering diasah. Berdasarkan jenisnya, pisau daging perlu diasah lebih sering dibanding pisau yang digunakan untuk memotong sayur atau buah.
  • Membersihkan Pisau dengan Tepat : Selesai digunakan, pisau dibersihkan dengan cara dicuci dengan sabun pencuci piring kemudian dilap menggunakan kain lap atau tisu.
  • Penyimpanan Pisau : Simpan pisau di tempat kering untuk mencegah pisau berkarat. Yang terpenting, simpan pisau di tempat yang aman, pada tempat yang tidak dapat dijamah oleh anak-anak untuk mencegah luka akibat penyalahgunaan pisau.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.