Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Tips & Triknya Merawat Kucing Berusia Tua Urbaners!

Tips & Triknya Merawat Kucing Berusia Tua Urbaners!

Urbanloka.com – Memiliki kucing berusia 7 tahun jika disetarakan dengan usia manusia, maka kucing ini telah berusia 50 tahun ke atas, atau memasuki usia tua Urbaners. Berikut ini beberapa tips terbaiknya merawat kucing yang sudah tua. Check it out!

​PERHATIKAN POLA MAKAN

Kucing yang tua harus memiliki pola makan yang baik, yang tidak berlebih ataupun kekurangan. Pastikan keseimbangan asupan gizinya dengan mengurangi asupan kalori dan lemak untuk kucing yang terlalu gemuk, serta memancing kucing yang kurus untuk mau lebih semangat untuk makan.

MINUM

Kucing tua rentan terhadap dehidrasi jika tidak diberi air minum secara cukup tiap harinya. Jika kucing Anda malas minum air, hal ini dapat diakali dengan memberinya panganan basah yang di dalamnya memiliki kadar air yang cukup tinggi.

RUTIN KE DOKTER HEWAN

Semakin tua usia kucing, maka semakin besar pula kemungkinan baginya untuk terkena penyakit yang kronis seperti diabetes melitus, gangguan ginjal, gangguan sistem pencernaan, masalah gigi dan gusi, penyakit jantung, serta arthritis. Periksakan kucing Anda secara rutin ke dokter hewan untuk menghindari hal ini.

MAKANAN BERAROMA KUAT

Kucing yang tua juga pada umumnya mulai mengalami penurunan pada indra penciuman. Berikan kucing makanan dengan aroma yang kuat, sehingga ia masih dapat menciumnya meskipun dengan kemampuan penciuman yang menurun.

RAWAT BULU & KUKUNYA

Kucing yang tua juga mengalami penurunan kualitas dari sisi bulu. Hal ini membuat bulu-bulu kucing menjadi mudah rontok. Selain itu bulu-bulu yang tidak terawat juga dapat menjadi sarang berkembangnya bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan penyakit untuk kucing. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik kucing tua diharapkan untuk rutin memberinya obat anti bakteri dan menyisir bulunya, agar mengurangi masalah kerontokan bulu. Selain itu, kegiatan menyisir ini juga dapat memperlancar aliran darah kucing.

Terakhir sering-seringlah bermain dan berinteraksi dengan kucing Anda agar si kucing tua tidak stres. Selain itu, perhatikan pula lingkungan sekitar Anda dan buat ia senyaman mungkin. Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.