Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Unik! Rumah yang Tumbuh Gemuk Layaknya Manusia di Wina Austria

Unik! Rumah yang Tumbuh Gemuk Layaknya Manusia di Wina Austria

Urbanloka.com – Tak hanya manusia yang bertambah gemuk, hunian juga. Rumah yang berada di Wina, Asutria ini menarik lantaran bentuknya yang tak lazim seperti rumah gulali. Simak lengkapnya berikut ini Urbaners

Lahir dari seorang pematung Austria bernama Erwin Wurm yang terpasang di halaman luar istana abad ke-18 di Wina. Wurm menciptakan “Fat House” pertama kali pada 2003, sebagai kritikan budaya konsumen kelas menengah kala itu.

Secara harafiah, sebenarnya ini bukan rumah biasa yang memiliki struktur lazim pada umumnya. Jika biasanya dinding terbuat dari batu bata dan semen, rumah gemuk ini terdiri dari patung setinggi 7 meter dengan atap genteng, pintu tengah dan jendela di kedua sisinya. Karena terbuat dari polystyrene yang dibungkus dengan logam, dinding rumah pun tampak membengkak sehingga tampak seperti daging berlemak ketimbang bangunan arsitektural.

Wurm memang terkenal eksentrik, ia sebagai seniman kontemporer yang paling terkenal di Austria. Karya yang paling terkenalnya dahulu adalah Patung Satu Menit, yang ditampilkan dalam video musik Red Hot Chili Peppers. Tahun ini, Wurm pun didapuk sebagai salah satu kurator paviliun nasional Austria di Venice Art Biennale.

Dengan adanyan Fat House ini, diharapkan para pengunjung dapat lebih tertarik untuk mengunjungi pertunjukan koleksi Belvedere. Di dalam rumah itu, pengunjung dapat menonton film dokumenter yang menunjukan karya Wurm dan rekannya untuk perhelatan Venice Biennale Urbaners. Menarik ya idenya!

 

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.