Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Usir Semut-semut Membandel Pada Hunian dengan Bahan Ini

Urbanloka.com – Selain tikus dan kecoa, semut sering kali mengganggu kenyamanan sebuah hunian. Keberadaan semut memang sulit terdeteksi.

Umumnya, semut akan muncul berkoloni jika banyak makanan tergeletak sembarangan. Sering kali semprotan antiserangga tak cukup ampuh untuk mengusir semut-semut, terutama semut hitam ukuran besar atau semut api. Mereka akan kembali datang selama belum berhasil mendapatkan makanannya.

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur. Tak hanya dapat mengusir semut api, tapi juga aman dari bahan kimia. Dinukil dari Rumah.com, berikut beberapa bahan yang dapat digunakan.

CUKA PUTIH & AIR

Campuran cuka dan air dapat menjadi insektisida yang murah dan meriah. Larutkan cuka dengan air dengan perbandingan 1:1. Tuang dalam botol spray. Anda tinggal semprotkan larutan langsung ke arah barisan semut. Larutan ini dapat membuat semut mati.

Anda juga dapat menyemprotkan larutan cuka pada bagian rumah yang sering disemuti, seperti bingkai jendela, pintu, dan durnitur kayu lain. Larutan ini terbukti ampuh membuat semut enggan mendekat. Bau cuka yang menyengat akan hilang setelah mengering.

BUBUK CABEK RAWIT

Bubuk cabai yang pedas ampuh untuk mengusir semut. Untuk mengusir semut Anda dapat menempatkan bubuk cabai ke dalam wadah kecil. Lalu, tempatkan wadah bubuk cabai tersebut dekat dengan makanan yang diburu semut-semut tersebut.

KAYU MANIS

Bau khas yang muncul dari kayu manis rupanya tak disukai semut. Bayu dari kayu manis dapat membuat semut menjauhi sumbernya. Taruh beberapa batang kayu manis dekat dengan sumber makanan atau area yang sering didatangi semut.

Dijamin semut tak akan lagi menghampiri. Anda juga bisa menumbuk batang kayu manis sehingga menghasilkan bau yang lebih kuat. Tempatkan bubuk kayu manis pada wadah kecil dan taruh dekat sumber makanan.

BAWAH PUTIH

Bawang putih memang jadi bumbu dapur yang umum ada di dapur rumah anda. Jadi untuk mengusir semut tanpa repot, Anda dapat segera mengupas serta mengiris bawang putih secukupnya. Lalu letakkanlah pada pojok ruangan di mana Anda kerap lihat semut berkeliaran.

Atau bila perlu, Anda dapat juga meletakkan potongan bawang putih di dekat stoples gula yang ada di dapur.

LARUTAN LEMON

Selain cuka, Anda dapat menggunakan bahan lain untuk dijadikan cairan insektisida alami, yaitu menggunakan lemon. Lemon mengandung asam sitrat yang tidak disukai semut. Campurkan air dengan perasan lemon dengan perbandingan 1 buah lemon dan3 bagian air

Semprotkan langsung pada kerumunan semut atau bagian-bagian rumah yang rentan dikerubungi semut. Larutan lemon ini dapat dijadikan alternatif jika Anda tak menyukai bau cuka.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment