Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

WOW! Tahun 2020 Robotlah yang Akan Wawancarai Manusia

WOW! Tahun 2020 Robotlah yang Akan Wawancarai Manusia

Urbanloka.com – Dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula kecerdasan buatan. Seperti pada teknologi robotik bernama Furhat dari Swedia yang mengoptimalkan pembuatan robot mereka untuk dunia kerja. Percobaan pun dilakukan agar robot mereka segera siap menghadapi calon karyawan saat wawancara kerja.

Robot bernama Tengai ini berukuran 40 cm dan dirancang agar mengurangi prasangka dalam tahap wawancara. Menurut studi Stanford, munculnya bias pada proses rekrutmen masih sering muncul di Amerika Serikat. Kehadiran Tengai pun diharapkan bisa meminimalisir bias-bias yang terjadi ketika wawancara kerja.

“Tengai belajar dari beberapa petugas rekrutmen yang berbeda agar tidak mengambil perilaku spesifik dari satu petugas rekrutmen saja,” ungkap Gabriel Skantze yang menjadi ilmuwan kepala di proyek ini.

Bagaimana cara kerja Tengai? Kandidat akan berinteraksi dengan Tenai, dan robot itu akan mengirim transkrip wawancara kerja ke pegawai manusia untuk menyurvei jawaban-jawabannya saja. Robot Tengai diprediksi bisa mulai bekerja pada Mei mendatang. Jika trial sukses, versi Bahasa Inggrisnya bisa meluncur pada awal 2020.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.