Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Yara Bikeland: Kapal Container Tanpa Awak Pertama di Dunia

Yara Bikeland: Kapal Container Tanpa Awak Pertama di Dunia

Urbanloka.com – Kini perusahaan Norwegia Yara tengah bekerja sama dengan perusahaan teknologi maritim Kongsberg dalam membangun kapal kontainer tanpa awak pertama di dunia, yang dijadwalkan uji cobanya pada 2018, Urbaners!

Kapal kontainer hi-tech, yang diberi nama Yara Birkeland ini akan membawa bahan kimia dan pupuk dari pabrik produksi Prosire Yara ke kota-kota terdekat Brevik dan Larvik. Kapal ini sendiri akan mulai beroperasi sebagai kapal tanpa awak mulai 2018, sebelum beralih ke operasi jarak jauh pada tahun 2019 serta kontrol otonom sepenuhnya secara daily pada tahun 2020.

“Dengan kapal kontainer berbasis baterai otonom ini, kami kemudian mencoba memindahkan jalur transportasi dari darat ke laut, sehingga dapat mengurangi kebisingan, debu, serta emisi NOx dan CO2,”ungkap Svein Tore Holsether, Presiden dan CEO YARA .

Meskipun masih banyak rintangan pragmatis dari segi peraturan yang harus dihadapi sebelum kapal robot ini diperbolehkan melintasi samudra. Namun Norwegia berada di garis depan dalam menyelesaikan masalah ini bersama The Norwegian Maritime Authority dan Norwegian Coastal Administration urbaners. Tahun lalu keduanya menandatangani kesepakatan untuk menunjuk Trondheim fjord sebagai area uji coba pertama di dunia khusus untuk kapal-kapal otonom.

Kami juga baru-baru ini melihat Rolls Royce mengusulkan visi pengiriman otonom di mana kapal robot tanpa geladak ini dipantau dari tim di pusat kendali di pantai. Keuntungan lain dari kapal otonom ini tentunya mampu menghilangkan kebutuhan akan kabin manusia dan deck.

Yara dan Kongsberg sebagai yang petama meluncurkan kapal kontainer elektrik komersial Urbaners, semoga di tahun 2020, kapal ini dapat beroperasi legal seperti kapal-kapal pengiriman lainnya, dan berhasil masuk ke Indonesia.

Rute Kapal Automatic dalam pengiriman barangnya di Norwegia nih Urbaners

Lebih banyak tentang kapal ini, pada video berikut.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.