Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Yumi, Si Robot Komposer yang Mahir Memimpin Orkestra

Yumi, Si Robot Komposer yang Mahir Memimpin Orkestra

Urbanloka.com – Ketika tenor ternama dari Italia Andrea Bocelli tampil bersama Lucca Philharmonic Orchestra, keduanya akan sangat menarik perhatian. Hal ini dikarenakan konduktornya adalah YuMi, robot asal Swiss yang akan membimbing mereka dalam tim orkestra – melalui “La Donna è Mobile,”.

Pertunjukan yang merupakan bagian dari Festival Robotika Internasional Pertama ini juga akan menampilkan YuMi sebagai solois Maria saat menyanyikan “O mio babbino caro” dari “Gianni Schicchi” Puccini.

Perhelatan ini sendiri akan berlangsung di Teatro Verdi di Pisa, Italia. Untuk melatih robot tersebut, konduktor Andrea Colombini menggunakan proses yang dikenal sebagai “pemrograman tuntas”. Berperan penting dalam penyusunan lengan robot. YuMi telah mengingat gerakan-gerakan konduktor dengan baik, dan selanjutnya dapat mengulanginya berdasarkan perintah.

Perangkat lunak RobotStudio ABB juga digunakan untuk menyempurnakan gerakan, dan untuk memastikan mereka tetap selaras dengan musik. Dengan kata lain, robot bisa menggerakkan lengannya dengan cara yang tepat pada waktu yang tepat pula, seperti yang biasa dilakukan oleh konduktor manusia.

“YuMi baik dalam hal teknik namun masih memiliki kekurangan terhadap kepekaanya terhadap manusia,”ungkap Colombini. “Robot dapat mahir menggunakan lengannya, namun jiwa dan roh hanya dimiliki oleh manusia semata. Maka Saya menciptakan robot ini sebagai bantuan.

Anda dapat melihat latihan mereka, dalam video di bawah ini. Robot ASIMO bipedal Honda, yang sebelumnya pernah melakukan Detroit Symphony Orchestra Urbaners.

Sumber: ABB

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.