Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

3 Jenis Produk Pembersih Rumah yang Ramah Lingkungan

3 Jenis Produk Pembersih Rumah yang Ramah Lingkungan

Urbanloka.com – Pembersih yang ramah lingkungan kini menjadi sangat penting dan menjadi perhatian khusus bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki alergi, hewan peliharaan yang sensitif, serta anak-anak. Khawatir kalau-kalau produk pembersih akan membahayakan penghuninya. Berikut ini adalah beberapa produk pembersih yang ramah lingkungan, dan aman digunakan bagi penghuni rumah Anda, Urbaners!

Sumber Foto: Bloglovin

Sumber Foto: Bloglovin

  1. CUKA PUTIH

Cuka putih, sangat baik untuk membersihkan segala jenis kotoran. Cuka menghambat pertumbuhan jamur dan lumut (sebuah studi oleh Good Housekeeping menemukan bahwa 5% larutan dari cuka sangat efektif dalam memberantas jamur membandel dan 99,9% efektif menghilangkan bakteri.

Caranya: Masukan 1/4 cuka putih dan 3/4 air keran pada botol semprot untuk membersihkan hampir setiap permukaan di rumah. Semprotkan cuka pada daerah yang ingin dibersihkan kemudian bersihkan lagi menggunakan kain microfiber yang telah direndam oleh air biasa. Setelah membersihkan jendela atau permukaan kaca lainnya, lap hingga bersih menggunakan koran tak terpakai untuk hasil yang maksimal.

2. BAKING POWDER

Campuran baking soda dan cuka mampu menghilangkan noda membandel. Untuk hasil terbaik, tuangkan sekitar 1/2 cangkir baking soda dan secangkir penuh anggur asam. Diamkan hingga berbusa dan ulangi sampai bersih. Membersihkan noda membandel gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok permukaannya secara perlahan sebelum dibilas.

3. LEMON

Lemon dan jus lemon juga dapat menjadi pembersih alami. Untuk menghapus buih sabun pada pintu kamar mandi dan ubin, semprot permukaannya dengan jus lemon dan gosok dengan gerakan dari atas ke bawah, kemudian bilas menggunakan air biasa. Baca Juga: Inspiratif! Rumah Pasif Energi ini Bantu Cegah Pemanasan Global

Caranya:

  • Untuk membersihkan microwave, potong lemon dan tempatkan pada mangkuk air; diamkan selama kurang lebih dua menit, untuk memungkinkan uap mengembun di dalam, setelahnya lap menggunakan kain bersih.
  • Cukup oleskan pasta jus lemon dan garam pada sikat gigi bekas dan scrub untuk menghilangkan noda karat pada tembaga, kuningan, atau stainless steel.
  • Pasta yang sama akan menghapus sebagian noda makanan dari mangkuk plastik, caranya diamkan semalam, kemudian gosok perlahan dan bilas dengan air bersih.

Tentu saja, Anda juga dapat membersihkan berbagai furnitur, misalnya pada karpet Anda menggunakan cara tradisional: Sapu menggunakan sapu lidi untuk menghilangkan debu dan kotoran yang melekat padanya. Semoga tips ini membantu Anda, Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment