Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

4 Penerapan Aksen di Rumah Jepang yang Super Sejuk! (2)

4 Penerapan Aksen di Rumah Jepang yang Super Sejuk! (2)

Urbanloka.com – Berhadapan dengan udara panas merupakan salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh orang-orang yang tinggal di kota padat seperti Jakarta. Aplikasikan hunian Zen ala jepang yang menggabungkan unsur-unsur alami dengan desain yang nyaman dan fungsional. Berikut ini aksen interior Jepang yang dapat Anda contoh di rumah Anda.

OPEN SPACE & PENCAHAYAAN ALAMI

Open space dan pencahayaan alami adalah  interior khas Jepang. Cahaya matahari yang mengisi rumah dapat menambah warna natural dan menciptakan tampilan ruangan yang menenangkan. Desain jendela yang lebar pada rumah Jepang dan pastikan tidak ada yang menghalangi jendela, misalnya gorden yang tebal dan berat. Ganti dengan tirai transparan atau bahkan tirai bambu untuk menambah tampilan natural.

TANAMAN HIJAU DALAM RUANG

Budaya Jepang sangat menghargai dan mencintai alam. Oleh karenanya mereka berusaha menjaga relasi yang erat dengan alam bebas. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan tanaman sebagai dekorasi di dalam ruangan. Inilah sebabnya tanaman hijau sering ditemui pada desain ala rumah Jepang.

WARNA NETRAL

Pertahankan konsep desain yang natural gunakan warna-warna netral yang selaras dengan alam. Warna coklat atau hitam dari elemen kayu dan hijau dari tanaman biasanya mendominasi ruangan. Lantai rumah Jepang umumnya menggunakan kayu atau ubin batu abu-abu. Sedangkan untuk dinding, warna yang biasanya digunakan adalah putih, krem, atau coklat muda.

RUANG SANTAI KHAS JEPANG

Kembali pada konsep Zen yang menjadi orientasi desain ala rumah Jepang, sediakan satu ruang khusus untuk bersantai dengan suasana tenang dan damai. Ruangan ini bisa digunakan untuk meditasi, yoga, atau sekadar berkumpul bersama keluarga. Tambahkan bantal-bantal sofa duduk yang empuk dan lengkapi ruangan dengan elemen alam. Misalnya saja tanaman hias favorit atau miniatur air mancur, yang suaranya dapat menyejukkan ruangan dan membuat Anda merasa rileks.

Desain rumah Jepang memiliki prinsip less is more—jangan sampai rumah Anda terlihat “penuh”. Aplikasikan segera pada hunian Anda Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.