Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

4 Strategi Tidak Keluar dari Rencana Pengeluaran Anda

4 Strategi Tidak Keluar dari Rencana Pengeluaran Anda

Urbanloka.com – Mengatur budget bulanan yang telah Anda tetapkan sebelumnya, bukanlah perkara yang mudah. Karena kerap kali pengeluaran tidak sesuai dengan perencanaan. Lalu bagaimana cara agar keuangan  dapat berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah Anda buat sebelumnya urbaners? Berikut beberapa kiatnya:

businessman-on-the-top-of-money-mountain_23-2147510471

  1. Catat Pengeluaran & Pemasukan Perbulannya

Pahami betul pemasukan yang Anda terima dalam perbulan, dengan begitu Anda dapat mengatur pengeluaran dari sumber pemasukan yang Anda miliki. Simpan juga bon pengeluaran dengan begitu anda bisa tau apa saja yang sudah Anda beli dan bayar. Lalu anda bisa mengukur seberapa hemat Anda dalam menggunakan uang, jika telah terlalu boros Anda dapat mengurangi kebiasaan tersebut.

2. Bawa Makanan dari Rumah

Hindari rencana makan diluar, batasi hanya di weekend, dan biasakan untuk membawa makanan sendiri. selain lebih hemat juga lebih higienis Urbaners. Miliki dana cadangan, biasakan untuk menabung dan tidak menggunakan dana ini selain untuk keperluan yang mendesak, seperti biaya pengobatan atau biaya diluar dugaan.

4. Buat Dafar Belanja

Hal ini merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dalam menekan pengeluaran. Jadwalkan belanja dengan daftar yang pasti akan Anda gunakan setiap bulannya. Jangan memasukkan barang atau hal-hal yang bersifat keinginan ke dalam daftar prioritas. Ingat, Anda bisa hidup tanpa harus nonton film di bioskop satu bulan sekali, tapi Anda tidak bisa hidup dengan hanya makan satu bulan sekali, minum satu bulan sekali, mencuci baju satu bulan sekali. Jelas sekali perbedaan antara kebutuhan dan keinginan yang sifatnya hanya kepuasan sementara.

4. Bijak dalam Berbelanja

Perlu Anda sadari bila Anda lebih menyukai belanja di supermarket yang terkenal bersih dan sejuk, mereka juga menggunakan jasa pemasaran yang selalu bisa mengundang Anda untuk masuk dan berbelanja di toko mereka dengan teknik-teknik tertentu. Bila Anda telah masuk dalam toko, kecenderungan Anda untuk membeli barang-barang yang bukan kebutuhan semakin tinggi. Hal yang perlu disadari di sisi lain ialah dengan menjual jasa, mereka mematok harga yang lebih tinggi untuk sebuah barang yang sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan lebih murah di tempat lain, misalnya di pasar.

Selamat mencoba, dan mulailah hidup dengan mematuhi perencanaan yang telah Anda buat sendiri Urbaners. Jangan pernah mementingkan kepuasan sesaat yang akan membuat anda terpuruk dalam hal ekonomi dikemudian hari. Selamat mencoba!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.