Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini 5 Jenis Instrumen Investasi yang Perlu Anda Ketahui

Ini 5 Jenis Instrumen Investasi yang Perlu Anda Ketahui

Urbanloka.com – Mulai belajar investasi sedini mungkin, sebab menabung saja tidak cukup untuk menghindari inflasi. Pahami jenis-jenis investasi agar Anda tidak salah dalam menginvestasikan uang Anda.

EMAS/LOGAM MULIA

Instrumen investasi pertama adalah emas atau logam mulia. Dalam jangka panjang, harga emas relatif naik, dan nilainya relatif stabil. Namun jenis investasi ini tidak cocok dilakukan dalam jangka pendek, sebab harga emas terkadang turun di waktu-waktu tertentu. Kelebihan dari Anda berinvestasi dalam bentuk emas, adalah Anda bisa dengan mudah mencarinya kapan saja, terutama dalam keadaan darurat.

REKSADANA

Jika deposito diterbitkan oleh pihak bank, maka reksa dana diterbitkan oleh manajer investasi. Reksadana merupakan dana patungan dari berbagai investor. Dana-dana ini dikumpulkan untuk digunakan di berbagai instrumen investasi. Patokan dari investasi di reksadana adalah NAB atau UP yang merupakan nilai aktiva atau unit. NAB atau UP bisa saja mengalami kenaikan dan bisa jadi mengalami penurunan, dan inilah resiko yang harus Anda hadapi jika Anda menginvestasikan dana di instrumen investasi reksadana.

PROPERTI

Kedua, instrumen investasi wajib adalah properti. Sebab harga properti memang selalu naik dengan cukup signifikan dari tahun ke tahunnya. Keuntungan yang didapatkan dari berinvestasi properti tidak hanya pada harganya yang terus naik, tapi juga jika Anda mengelolanya dengan baik, misalnya dengan menyewakan properti atau menjadikannya sebagai tempat usaha

DEPOSITO

Deposito merupakan produk investasi yang dikeluarkan pihak bank, di mana kita bisa menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu, lalu mendapatkan keuntungan dalam bentuk persentase bunga. Terdapat 2 jenis produk deposito yang ditawarkan pihak bank, pertama adalah deposito berjangka dan yang kedua adalah sertifikat deposito. Deposito sebagai pilihan investasi yang aman. Namun keuntungan yang kita dapat sebatas bunga yang ditawarkan oleh pihak bank saja. 

SAHAM

Harga saham berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan masing-masing. Jika kita telah memiliki saham, maka kita bisa dengan mudah melakukan proses jual beli. Jika harga naik, maka kita bisa menjual saham, dan bila harga turun, maka kita bisa membelinya. Jenis investasi ini sangat beresiko sekali dan tantangannya sangat tinggi.

Demikian info mengenai investasi, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.