Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

5 Pilihan Pekerjaan Freelance bagi Kamu yang Mencintai Dunia Penulisan

5 Pilihan Pekerjaan Freelance bagi Kamu yang Mencintai Dunia Penulisan

Urbanloka.com – Apakah kamu memiliki kecintaan yang dalam terhadap dunia penulisan? Jika ya, lima pekerjaan ini dapat menjadi pilihanmu. Apa sajakah itu? Check it out!

SOCIAL MEDIA MARKETING

Dengan berkembangnya dunia marketing, lahirlah juga sebuah profesi baru yang dinamakan social media specialist. Tugas utamanya adalah memaintain akun social media brand, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga Google+. Jika kamu kuat dalam hal branding, merasa cukup kreatif, dan senang mengolah ide untuk mempromosikan suatu produk dengan cara yang menarik dan mudah diingat oleh orang lain, pekerjaan ini sangat cocok untukmu.

COPYWRITER

Copywriter adalah pekejaan di bagian periklanan dimana tugasnya adalah menulis naskah, baik untuk iklan cetak, iklan televisi, iklan radio dan segala macam bentuk iklan bermerek. Seorang Copywriter nantinya akan berpasangan dengan Art Director (Penata Artistik), membuat sebuah konsep iklan. Atasan mereka adalah Creative Director dan mereka berada di dalam Creative Department di sebuah perusahaan iklan atau Advertising Agency. Karena tingkat kesulitan dalam pengolahan idenya ini, Copywriters memiliki gaji yang tinggi walaupun hanya sebagai pekerja lepas (freelance) sekalipun.

EDITOR

Jika kamu adalah orang yang teliti, dan demikian mecintai Bahasa serta keteraturan. Pekerjaan ini cocok untukmu. Tugas seorang editor konten adalah memastikan tata bahasa, ejaan, dan isi sebuah artikel agar tetap akurat. Mereka juga kadang harus bekerja cepat saat mengedit konten dalam jumlah banyak.

TRANSLATOR

Menguasai bahasa asing adalah modal utama dalam menjalani profesi ini. Tidak perlu menguasai seluruh Bahasa, cukup satu saja. Kuasai secara mendetail mulai dari arti setiap kata, istilah-istilahnya hingga aturan baku penulisan kalimat bahasa asing tersebut. Bahasa Inggris adalah bahasa asing paling umum yang banyak dikuasai orang lain. Namun jika kamu tertarik dengan bahasa lainnya, serta menguasainya ini adalah suatu kelebihmu. Perdalam skill dengan membaca kamus, membaca buku-buku, berlatih bicara bahkan tidak ada salahnya jika kamu mengikuti kursus bahasa asing.

CONTENT WRITER & BLOGGER

Rata-rata penulis paruh waktu mendapat gaji Rp 250 ribu per jam, sementara profesi  lain yang tak kalah menjanjikan adalah blogger. Hampir sama dengan content writer, namun jika writer menulis untuk klien, seorang blogger menulis untuk dirinya sendiri. Dengan memanfaatkan Google Adsense (sebuah metode untuk menaruh iklan di blog/website) Kamu akan mendapat bayaran berdasarkan banyaknya orang yang mengklik halaman iklan tersebut. Kamu juga akan mendapatkan income yang lumayan dari Affiliate Program atau program berkomisi yang membantu menarik traffic kepada website si pemberi komisi. Contoh: Agoda.com, Amazon.com, Ebay.com dan lainnya. Perlu diketahui, pengasilan rata-rata seorang blogger bisa mencapai 10 juta rupiah lho perbulannya.

Demikian jenis-jenis pekerjaan bagi kamu yang demikian mencintai dunia penulisan. Happy Freelancing!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.