Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

6 Cara Aman Membersihkan Rumah Setelah Bencana Banjir

6 Cara Aman Membersihkan Rumah Setelah Bencana Banjir

Urbanloka.com – Hujan ekstrem mengguyur Jabodetabek diawal tahun hingga banyak pemukiman warga yang terendam banjir. Genangan air masuk membawa lumpur dan kotoran yang kemudian dapat merusak barang-barang, bahkan mengganggu kesehatan di lingkungan tempat tinggal. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan setelah terkena musibah banjir Urbaners.

BERSIHKAN SELURUH RUMAH

Bersihkan permukaan rumah menggunakan air panas dan sabun pembersih. Jika perlu, pakai disinfeksi dengan larutan 1/4 cangkir pemutih klorin per galon air untuk produk yang diberikan label desinfektan pembunuh kuman. Untuk memastikan tidak ada bakteri yang mengendap.

BERSIHKAN SEMUA PERALATAN RUMAH TANGGA

Disarankan kasur, mainan, dan boneka jika sudah terkontaminasi oleh banjir sebaiknya dibuang. Berkas-berkas penting seperti ijazah, buku, sertifikat, foto, dan lain-lain, bisa dibiarkan kering terlebih dahulu lalu baru dibersihan. Hal ini menghindari kerusakan yang terjadi karena benda ini mudah hancur. Saat membersihkan dianjurkan untuk mengenakan masker pelindung, agar spora jamur tidak dapat masuk ke saluran pernafasan.

PERALATAN DAPUR

Rendam gelas atau piring yang berbahan porselen, plastik, dan enamel selama 10 menit menggunakan larutan desimfektan sebanyak dua sendok makan pemutih klorin per galon air panas. Setelah itu keringkan dengan cara dianginkan dan jangan dilap menggunakan handuk. Sedangkan untuk yang berbahan perak seperti panci, peralatan logam, dan wajan bersihkan dengan cara direbus dalam air selama 10 menit. Perlu diingat, lemari atau rak penyimpan piring dan gelas juga perlu dibersihkan dengan larutan pemutih sebelum peralatan itu disimpan di dalamnya.

ALIRAN LISTRIK

Matikan aliran listrik secepatnya, hubungi petugas atau tukang listrik untuk minta diperbaiki dan diperiksa sebelum dinyalakan kembali. Semua kabel harus dikeringkan sepenuhnya termasuk yang berada di balik dinding. Selain itu, insulasi yang basah terkena air juga harus diganti, serta sistem dan saluran pemanas atau pendingin juga butuh pemeriksaan dan pembersihan.

ALAT ELEKTRONIK

Peralatan elektronik yang terkena endapan lumpur dan pasir perlu diservis, dibersihkan, dan disanitasi. Sebelum dibersihkan dengan benar sebagiknya jangan digunakan terlebih dahulu, karena dapat menimbulkan kerusakan.  Pembersihan profesional sangat disarankan untuk barang elektronik seperti televisi, mesin cuci, kulkas, radio, dan lain-lain.

HUBUNGI ASURANSI

Apabila rumah dilindungi oleh asuransi, segeralah hubungi pihak asuransi dan tanyakan kerusakan apa saja yang dapat ditanggungnya. Jika sudah mengetahui informasinya, buatlah daftar kerusakan apa saja yang terkena dampak dari banjir dan jangan lupa dokumentasikan menggunakan foto dan video. Biasanya, pihak asuransi akan meminta dokumen lengkap untuk proses pencairan asuransi.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari  berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.