Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Agrocool, Menanam Sayuran Lokal & Organik Pada Kontainer di Tengah Kota

Agrocool, Menanam Sayuran Lokal & Organik Pada Kontainer di Tengah Kota

Urbanloka.com – Meningkatnya urbanisasi, berdampak pada peningkatan karbon dimuka bumi. Hasil panen konvensional, perubahan iklim dan kenaikan harga pangan yang dihasilkan telah mendorong banyak orang untuk mencari solusi lain untuk menanggulangi ruang hijau dan peningkatan kesehatan di tengah kota.

Sebuah perusahaan di Perancis kemudian mengusulkan pertanian perkotaan yang dilakukan secara hidroponik, melalui kontainer pengiriman daur ulang yang mereka sebut “a cool newcomer”, untuk menghasilkan makanan lokal dengan nol pestisida, nol transgenik dan tanpa pengawet.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2015 oleh Gonzague Gru dan Guillaume Fourdinier, putra dari seorang petani yang tumbuh besar dengan mengonsumsi sayur-sayuran segar selama hidupnya. Ketika mereka akhirnya pindah ke Paris beberapa tahun kemudian, mereka tidak dapat menemukan sayuran dengan kesegaran yang sama, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk memulai sebuah perusahaan organik di tengah kota.

“Karena tidak menemukan makanan dengan kesegaran dan gizi yang sempurna, kami memutuskan untuk berfikir out of the box, yaitu untuk dengan menanam buah dan sayuran terbaik di perkotaan, Masalah yang kami hadapi kemudian terletak pada kekurangan ruang tani, yang akhirnya kami siasati pada pemanfaatan Atap dan balkon”.

“Setelah berbulan-bulan penelitian, kami akhirnya menemukan cara untuk menumbuhkan setara dengan 4000m2 (1 acre) dalam wadah daur ulang 30m2 (0.007 acre)” Sambungnya.

Menurut perusahaan, cooltainers akan dimodifikasi sehingga kondisi pertumbuhan dapat dioptimalkan. Air, pencahayaan, dan intensitas udara diatur sedemikian rupa untuk menciptakan lingkungan yang 120 kali lebih produktif daripada luas lahan yang sama.

Didukung oleh sumber energi terbarukan. Tidak ada pestisida yang digunakan, serta penggunaan air juga akan diturunkan hingga 90 persen.

Perusahaan baru saja selesai mengembangkan cooltainer sehingga lahan hijau ini bisa ditempatkan dimana saja di tengah kota. Mereka sejauh ini berhasil mengumpulkan dana sebesar $ 4.3 juta, dan tengah berencana untuk menerapkan 75 cooltainers yang akan menghasilkan 91 ton stroberi – tanaman uji pertama mereka – pada tahun 2017 ini.

Gerakan tersebut tentunya sangat menarik sebagai masa depan pertanian perkotaan, Lebih banyak kunjungi Agricool Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.