Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Anti Bocor Ini Dia Inovasi Teknologi Ban Tanpa Angin ala Brigdestone

Anti Bocor Ini Dia Inovasi Teknologi Ban Tanpa Angin ala Brigdestone

Urbanloka.com – Lebih dari 1 abad setelah ditemukannya ban pertama oleh John Boyd Dunlop tahun 1888, belum ada perkembangan signifikan ban hingga saat ini. Perubahan yang signifikan justru terdapat di sektor pattern (kembangan ban), grip (daya cengkram), serta material yang digunakan untuk proses produksinya. Hingga kemudian Bridgestone hadir dengan inovasinya.

Teknologi Ban Tanpa Angin atau “Airless Tire”, yang meskipun masih memiliki sekat antara permukaan ban dan bibir velg seperti ban pada umumnya. Namun menggunakan konstruksi spoke-wheel (jari-jari) untuk mengisi sekat tersebut. Sehingga ketika digunakan berkendara, tidak akan jauh berbeda dengan menggunakan ban konvensional biasa.

Menurut Bridgestone, tipe ban ini tidak memerlukan maintenance sama sekali, karena Urbaners tidak perlu repot-repot cek tekanan angin seperti ban pada umumnya. Ban juga tidak akan kempes saat tertusuk benda tajam karena memang tidak menggunakan angin didalamnya.

Bridgestone sebenarnya telah memperkenalkan konsep Ban tanpa Angin atau “Airless Tire” ini semenjak Tokyo Motor Show tahun 2013 silam. namun baru mengumumkan secara resmi tentang pengembangan secara penuh tipe ban terbaru yang rencananya akan mulai diproduksi pada tahun 2019 mendatang.

Teknologi baru ini akan diproduksi telebih dulu, dengan uji coba pada sepeda gowes. Semoga menyusul kedepannya untuk motor dan mobil ya Urbaners.

Sumber: Bridgeston

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.