Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Atasi Rumah Lembap Saat Musim Hujan dengan Cara Ini

Atasi Rumah Lembap Saat Musim Hujan dengan Cara Ini

Urbanloka.com – Memasuki musim hujan, saatnya menyiapkan kondisi rumah agar tidak bocor pun kebanjiran. Hindari kondisi lembab yang dapat memunculkan jamur pada dinding dan atap, merusak furnitur rumah, bahkan berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan Urbaners.

INSTAL EXHAUST FAN

Exhaust Fan akan membantu suhu rumah tetap terjaga, meningkatkan kualitas udara dan sistem ventilasi di rumah. Ditambah, exhaust fan juga berfungsi untuk mengurangi kelembaban serta bau-bau yang tidak diingginkan pada hunian.

GUNAKAN DEHUMIDIFIER

Manfaatkan dehumidifier untuk mengurangi kandungan air di udara. Alat ini bekerja dengan siklus pendinginan sekaligus pemanasan udara. Dehumudifier menyedot air di udara dalam ruangan, lalu mengalirkannya ke dalam pipa-pipa pendinginan. Proses pendinginan ini akan membuat air berubah menjadi embun. Selanjutnya embun-embun tersebut dipanaskan sehingga berubah wujud kembali menjadi air, lalu dialirkan keluar melalui saluran pembuangan.

GUNAKAN KAPUR SERAP

Kapur serap dapat menyerap kelembaban ruangan, kapur serap biasanya digunakan untuk mengatasi buku atau baju yang basah agar cepat kering dan tidak berjamur.

SINAR MATAHARI

Buka jendela agar sinar matahari masuk ke ruang. Sinar matahari dapat berfungsi sebagai sumber cahaya, mengeringkan area yang basah juga punya peran terhadap kesehatan tubuh Anda dan keluarga.

PERIKSA ATAP RUMAH

Jangan lupa untuk memeriksa atap rumah untuk mencegah kebocoran juga ruangan yang lembab, periksa juga saluran airnya agar tidak tersumbat daun kering atau kotoran lainnya dapat mencegah air hujan tumpah dan merendam rongga atap.

PERIKSA TALANG RUMAH

Periksa talang rumah berkala untuk menghindari penumpukan daun-daun, debu atau kotoran lain serta air hujan yang menggenang. Sebab jika dibiarkan hal ini dapat menyebabkan korosi hingga jebolnya talang. Rawat talang, usahakan untuk melakukan pembersihan berkala agar masalah yang muncul dapat segera teratasi.

LETAKKAN TANAMAN DALAM RUMAH

Beberapa jenis tanaman ternyata dapat menyerap kelembaban udara di rumah seperti tanaman chamomile, ivy, dan romemary. Kandungan air di dalamnya juga dapat menyesuaikan dengan kondisi kelembaban di ruang dengan cepat, dapat menyerap air di udara dan menyimpannya sebagai stock di dalam akar tanaman. Cukup letakkan tanaman-tanaman ini di sudut ruang Urbaners.

CAT TEMBOK ANTI JAMUR

Dinding yang lembab dapat menjadi media berkembang yang baik untuk jamur, lumut, dan kotoran. Untuk itu, pastikan untuk memilih cat anti jamur untuk hunian, sebab cat jenis ini dilengkapi juga dengan zat anti-mikroba yang akan memberikan perlindungan ekstra pada permukaan yang dicat, mencegah spora masuk dalam lapisan dinding untuk tumbuh dan berkembang.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners. Bagikan artikel ini bagi siapa saja yang Anda pikir membutuhkan ya.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.