Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ayo Ajarkan Anak Sedari Dini Tentang Pentingnya Mengelola Keuangan

Ayo Ajarkan Anak Sedari Dini Tentang Pentingnya Mengelola Keuangan

Urbanloka.com – Pentinganya menerapkan bagaimana pentingnya mengelola keuangan pada anak, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan pentingnya finansial pada anak sejak dini.

TEACHING

Selain memberitahu nilai-nilai keluarga yang dipegang, orangtua juga hendaknya mengajarkan cara melakukannya.

TRAINING

Selanjutnya, proses. pembiasaan dan latihan dilakukan melalui cara-cara yang menyenangkan, terutama di awal-awal latihan.

TOGETHERNESS

Pengajaran dan pelatihan perlu dinaungi dalam sebuah kebersamaan karena kekuatan kebersamaan akan menghapus kelelahan dalam belajar serta melunturkan kekesalan dalam sebuah pelatihan.

TIME

Selalu sediakan waktu yang berkualitas bersama anak, lakukan banyak hal bersama-sama, agar terjalin kedekatan emosional dan anak-anak lebih mudah mengikuti arahan dari orangtuanya.

TELLING

Memberitahu atau menginformasikan sesuatu pada anak merupakan tindakan penting yang perlu dilakukan orangtua agar anak dapat mengerti keinginan ataupun harapan orangtuanya.

Dalam bukunya “Financial Parenting”, Kak Seto mengemukakan bahwa sebagai langkah awal melatih anak agar cerdas finansial, anak-anak dapat diajak untuk mengenal beberapa jenis uang, sebagai berikut:

  • Uang jajan
  • Uang hadiah
  • Uang pinjaman
  • Uang hasil (upah) bekerja di rumah
  • Uang saku

Diskusikan Jadwal pemberian, Besaran nominal dan Perencanaan kenaikan besaran nominal secara berkala. Setelah anak-anak paham dengan jenis dan kesepakatan mengenai sumber pendapatannya, maka Anda dapat mulai mengajarinya cara mengelola pengeluaran, dengan mulai membuat sekat-sekat pengeluaran, misal Sekat tabungan, Sekat jajan/pembelian barang-barang kebutuhannya, Sekat infaq, Sekat liburan dan sebagainya, sesuai kesepakatan dengan anak

Jika anak sudah semakin besar (mendekati usia baligh), anak mulai dapat diajar dan dilatih dengan sekat investasi, yang sesuai dengan nilai-nilai keluarga. Mapan Finansial bukan hanya tentang seberapa besar pendapatan seseorang, tetapi seberapa baik ia bisa mengelola pendapatannya.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.