Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Berikut Ini Daftar Nomor Telepon Darurat yang Wajib Anda Catat

Berikut Ini Daftar Nomor Telepon Darurat yang Wajib Anda Catat

Urbanloka.com – Bencana bisa datang kapan saja. Pada situasi darurat, selalu ingat beberapa nomor telepon dibawah ini Urbaners.

Berikut beberapa nomor darurat yang perlu Anda tahu:

  • Ambulans (118 atau 119); untuk Provinsi DKI Jakarta (021-65303118)
  • Pemadam kebakaran (113)
  • Polisi (110)
  • SAR/BASARNAS (115)
  • Posko bencana alam (129)
  • PLN (123)

Juga beberapa nomor dibawah ini:

KOMNAS HAM (021-3925230)

Ketika mengalami pelecehan, diskriminasi, penyimpangan, atau penyiksaan yang menimbulkan rasa sakit, serta pengambilan hak-hak asasi manusia lainnya, Anda bisa melaporkannya pada KOMNAS HAM. Setiap orang berhak mendapat perlindungan dari negara. Jika berada di luar Jakarta, sangat jauh untuk mencapai kantor KOMNAS HAM pusat. Maka, sebagai langkah awal, Anda bisa mengadukan lewat telepon, kemudian Anda akan diberikan arahan apa yang harus diperbuat selanjutnya.

KOMNAS PEREMPUAN (021-3903963)

Jika seorang perempuan, dan mengalami kekerasan, seperti kekerasan seksual, atau kekerasan dalam rumah tangga, wajib bagi Anda untuk melaporkan tindakan tersebut. Namun, saat Anda terlalu takut untuk melaporkannya, Anda bisa menghubungi KOMNAS Perempuan. Komisi Nasional ini menjadi wadah bagi perempuan atas konflik-konflik yang menyudutkan perempuan.

KPAI (021-319015)

Komisi perlindungan anak ini menjadi wadah untuk pengaduan dan melindungi anak-anak yang mendapatkan kekerasan, ketidakadilan, dan diabaikan. KPAI berusaha memperjuangkan hak anak yang terambil, dan melindungi anak-anak demi membangun generasi bangsa baik. Tidak hanya itu KPAI juga meninjau hal-hal yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik, psikis, dan mental anak.

Demikian info, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.