Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

‘Bersih’ dan Minimalis, Inpirasi Rumah MUJI ala Jepang

‘Bersih’ dan Minimalis, Inpirasi Rumah MUJI ala Jepang

Urbanloka.com – Drum roll: Muji telah meluncurkan prototipe dari proyek rumah prefabrikasi terbaru. Terletak di tepian kota laut Kamakura, sekitar 30 mil barat daya Tokyo. Desain ini diadaptasi dari edisi 2008 arsitek Kengo Kuma dari rumah Muji. Window House memiliki ukuran 80 meter persegi dan tersebar di dua tingkat dengan fleksibilitas untuk mengkonfigurasi ulang desain sesuai kebutuhan dan selera.

“Menampilkan tata letak terbuka dan interior putih minimal, bentuk ini terinspirasi oleh rumah tradisional negara Inggris, “ungkap muji. Dinding luar yang dibungkus dengan bukaan jendela di semua sisinya yang ditempatkan secara strategis sebagai bukaan cahaya dan ventilasi, serta untuk membingkai pemandangan taman dan eksterior rumah.

madonoie_0

Muji sendiri telah merambah rumah prefab sejak tahun 2014 dengan desain ‘Vertikal’ dan tipologi ramping yang sengaja disesuaikan dengan kondisi perkotaan Jepang yang padat. Tahun lalu, Jasper Morrison, Konstantin Grcic dan Naoto Fukasawa ditugaskan untuk merancang tiga varian KYOSHO jutaku, rumah jepang mikro, yang diresmikan di Tokyo Design Week.

100709_nagaoy_re018

img_9861

Versi prefab terbaru ini juga termasuk twist menyenangkan: satu orang dengan keluarga mereka atau rekan yang terpilih akan mendapatkan sewa gratis, yang sekaligus sebagai pengujian prototipe rumah. Sebagai imbalannya, penyewa diharapkan dapat memberikan berbagai masukan ke tim desainer tentang pengalaman hidup di hunian tersebut. Tertarik menjadi pengujinya Urbaners?

Sumber: berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.