Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Breathing House: Inpirasi Hunian Kontemporer dengan Konsep Go Green

Breathing House: Inpirasi Hunian Kontemporer dengan Konsep Go Green

Urbanloka.com – Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis, memiliki iklim hujan hampir sepanjang tahun. Dengan cuaca ekstrem ini, desain rumah sebaiknya disesuaikan dengan perubahan musim tersebut. Seperti yang dilakukan pada The House yang Terletak di Griya Loka, Serpong. Kawasan perumahan kotapraja ini memang cukup padat, namun Desain rumahnya cukup unik karena berorientasi pada sumber daya alam dalam hal penerangan dan ventilasinya.

Dinamakan ‘Breathing House’, hunian ini berada di daerah yang telah terbentuk sejak tahun 80an. Dengan lingkungan sekitar yang dibuat sebagai area hijau. Desain rumah memang mengoptimalkan potensi asimetris antara kebutuhan penghuni dengan pendekatan fungsional Urbaners.

Pemilik hunian ini sendiri merupakan keluarga muda dengan dua orang anak. Mereka berkeinginan untuk memiliki tempat tinggal yang lebih nyaman, ramah lingkungan dan pada saat yang bersamaan juga mewakili fungsi “Form follow function”, yang kemudian menjadi benang merah diantaranya dalam menjaga karakteristik hunian yang diinginkan.

Bangunan rumah kemudian mengikuti pola tanah yang asimetris, membentuk grid baru dan menciptakan pengalaman spasial yang tak terduga. Lantai dasar sebagai area publik dirancang untuk ‘ruang bernafas’ dengan ventilasi besar di beberapa area bangunan. Semua ruangan juga berpusat pada ventilasi di sepanjang langit-langit utama, yang tak hanya berguna sebagai bukaan cahaya namun jug udara pada ruang.

Di bawah langit-langit ini juga terdapat kolam renang indoor, sekaligus dapat berguna untuk menurunkan suhu ruangan secara alami.

Area kamar tidur pribadi, ruang kerja dan ruang tamu berada di lantai dua. Di lantai tiga, kami mendesain taman atap yang berfungsi sebagai daerah terbuka tambahan untuk melakukan kegiatan outdoor dan acara keluarga.

Kami menggunakan bahan alami dan hijau seperti batu bata, Gain Reinforced Cement (GRC), dan logam daur ulang yang dieksplorasi agar memiliki desain kontemporer. Rumah ini juga bekerja secara mandiri dengan mendaur ulang air hujan ke kebun penyiraman dan cuci mobil. Rumah tersebut juga diharapkan bisa mewakili identitas rumah keluarga modern Indonesia yang ramah lingkungan.

Detail interior dari berbagai sisi nih Urbaners, yuk aplikasikan juga rumah dengan konsep hijau ini pada hunianmu!

   

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.