Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Canggih Mobil Hyundai di Masa Depan Akan Berkaki Robot!

Canggih Mobil Hyundai di Masa Depan Akan Berkaki Robot!

Urbanloka.com – Seiring dengan terus berkembangnya teknologi, bentuk mobil pun terus saja berevolusi. Selain mobil terbang yang mungkin sekali terwujud, inovasi menarik kemudian ditampilkan Hyundai. Apakah itu? Simak lengkapnya berikut ini Urbaners!

Dipertunjukan pada pameran Consumer Electronic Show (CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat. Hyundai memamerkan mobil yang dikombinasikan dengan robot, Elevate namanya merupakan Ultimate Mobility Vehicle (UMV) sebagai mobil konsep masa depan dengan roda kaki robotik.

Dimaksudkan sebagai mobil penyelamat saat terjadi bencana. Separuh mobil dan separuh robot, memungkinkan menggapai permukaan sulit yang mustahil bisa dilewati mobil biasa. Elevate sangat cocok beroperasi untuk kendaraan SAR (Search and Rescue) dalam misi kemanusiaan. Misal, mencari korban di puing-puing bangunan yang runtuh. Dapat dilakukan dengan cara berjalan dan bahkan bisa juga mendaki. Sehingga tidak dibatasi oleh medan maupun kondisi jalan.

Tidak hanya menolong korban bencana, Hyundai Elevate juga dirancang untuk membantu penyandang disabilitas. Seperti pengguna kursi roda yang tidak memiliki akses untuk masuk atau keluar rumah. Elevate dengan mudah menaiki anak tangga sampai persis ke depan pintu. Hyundai Elevate berbasiskan platform modular mobil listrik (EV), dengan kemampuan berganti bodi dalam situasi tertentu. Konstruksi kaki robot punya sudut bebas ke segala penjuru, ditambah hub dan aktuator elektrik.

Pergerakannya unik, karena menyerupai cara jalan mamalia dan reptil. Fleksibilitas sudut engsel, memungkinkan pergerakan ke berbagai arah dengan mudah. Perlu waktu 3 tahun bagi Hyundai merancang konsep menarik ini. Dalam pengerjaannya, pabrikan Korea Selatan bekerjasama dengan Sundberg-Ferar. Semoga saja bisa diproduksi, agar kelak dapat menyelamatkan banyak nyawa dalam situasi darurat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.