Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Cara Ampuh Jauhkan Ular dari Jangkauan Hunian Anda nih Urbaners!

Cara Ampuh Jauhkan Ular dari Jangkauan Hunian Anda nih Urbaners!

Urbanloka.com – Jika area tempat tinggal Anda tak jauh dari rawa-rawa, kebun yang rimbun atau adanya rumah yang terbengkalai (kosong), maka rumah Anda cukup potensial dijadikan sasaran ular untuk bersembunyi bahkan bersarang. Hewan melata ini termasuk pintar mencari tempat sebagai rumah tinggalnya. Melihat area yang gelap dan rimbun, ular akan memilihnya menjadi tempat bersemayam. Berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan sebagai langkah pencegahannya Urbaners.

 

TUTUP SALURAN AIR

Selalu tutup saluran air atau saluran apa pun yang berupa lubang dengan kawat. Tak hanya mencegah ular masuk ke dalam saluran ini, kawat juga mencegah tikus masuk ke dalam saluran air. Ganti kawat atau penutup saluran setiap bulan atau saat Anda melihatnya tak lagi kuat untuk menampung derasnya air.

PANGKAS TANAMAN

Jangan membiarkan tanaman di rumah Anda—terutama tanaman rambat—sangat rimbun. Pastikan untuk tetap membuat sinar matahari masuk dan menyinari setiap sela tanaman. Lalu, pangkas tanaman di pojokan rumah sehingga tak ada semak belukar. Area semak ini selalu disukai ular.

TEBANG POHON BESAR

Jika memang pohon di rumah Anda sudah terlalu besar dan dahannya menyentuh rumah, segera potong dahan tersebut atau tebang pohonnya. Pohon juga menjadi tempat yang digemari ular, terutama pohon yang berdaun lebat. Pilih pohon mungil yang berdaun jarang seperti ketapang kencana atau kamboja yang lebih aman.

TAMBAHKAN IJUK

Bila belum yakin dengan menutup saluran, tambahkan ijuk pada saluran air atau saluran lainnya yang menghubungan rumah dengan lingkungan luar. Tajamnya ijuk cenderung dihindari ular karena menyebabkan permukaan tubuhnya menjadi tidak nyaman.

BUAT RUMAH SELALU HARUM

Ular tidak menyukai kondisi rumah yang bersih dan berbau menyengat, terutama jika aromanya sangat wangi. Selalu bersihkan rumah Anda, jangan biarkan ada barang yang menumpuk terutama di pojokan carport.

Pel rumah dengan karbol wangi lalu pel kembali dengan cairan pembersih lantai yang beraroma lembut. Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.