Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Caranya Kelola Keuangan Hanya dengan Satu Sumber Pemasukan!

Caranya Kelola Keuangan Hanya dengan Satu Sumber Pemasukan!

Urbanloka.com – Tidak semua orang memiliki lebih dari satu sumber penghasilan di dalam rumah tangga, sebab ada juga yang memiliki satu sumber penghasilan saja. Dengan satu sumber penghasilan, Anda harus bisa memenuhi kebutuhan pasangan, anak-anak, bahkan bisa saja orang tua yang ikut tinggal bersama. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengelola sumber pemasukan hanya dari satu sumber!

BERPEGANG TEGUH PADA RENCANA

Dengan perencanaan yang baik, Anda dapat hidup dengan nyaman. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat anggaran ketat tentang pemasukan dan pengeluaran rinci bulanan. Dengan cara seperti ini, Anda bisa mengevaluasi mana saja pengeluaran yang bisa dipotong dan dialihkan untuk keperluan yang lain.

BELANJA SESUAI DENGAN PRIORITAS

Jangan membeli sesuatu hanya untuk mengesankan orang lain, belilah barang yang memang bener-benar Anda butuhkan. Banyak rumah tanggan yang terjebak dalam pola pikir konsumtif, di mana mereka menghabiskan lebih banyak pengeluaran daripada apa yang bisa dihasilkan.

FOKUS MELUNASI HUTANG

Jika serius ingin melunasi utang, itu artinya Anda harus berencana untuk tidak masuk lebih jauh ke dalam jeratan hutang. Sebagai langkah awal, Anda bisa melunasi hutang yang dimiliki secepat mungkin.

PERSIAPKAN DANA DARURAT

Dana darurat akan sangat bermanfaat jika Anda mengalami kejadian yang tidak terduga, misalnya saat ada keluarga yang sakit atau Anda dipecat dari tempat bekerja. Mulailah menyisihkan sebagian penghasilan yang didapatkan untuk mempersiapkan dana darurat. Jumlah dana darurat yang ideal adalah mampu memenuhi biaya hidup Anda selama 3-6 bulan ke depan.

MULAI PERSIAPKAN DANA MASA DEPAN

Ada banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi di masa depan, misalnya untuk dana pendidikan anak Anda, dana membeli rumah, dana berlibur, dana membeli mobil, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak mempersiapkannya dari awal, maka berbagai kebutuhan tersebut akan sangat sulit dipenuhi. Dengan begitu, saat tidak mampu memenuhi, Anda harus berhutang yang pada akhirnya akan menambah beban keuangan saja.

Semoga pembahasan yang disampaikan di atas bisa memberikan inspirasi untuk Anda semua yang telah membacanya!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.