Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Caranya Memulai Bisnis ala 2 CEO Berpengalaman ini Urbaners

Caranya Memulai Bisnis ala 2 CEO Berpengalaman ini Urbaners

Urbanloka.com – Memulai bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan, ada banyak hal yang harus dipenuhi dan segenap peraturan yang harus dipatuhi. Bahkan di Indonesia sendiri, ada banyak tantangan yang harus dihadapi pengusaha pemula untuk memulai bisnis. Meski demikian, hal ini tidak menyurutkan niat para pengusaha pemula untuk memulai bisnis. Berikut tips memulai bisnis dari 2 CEO startup dari bidang yang berbeda.

CEO Kulina.ID, Andy Fajar Handika

Kulina diluncurkan pada tahun 2016. Menurut Andy, tahun pertama diluncurkan adalah masa-masa tersulit, namun meski begitu ia tetap melakukan promosi hingga akhirnya Kulina bisa menerima 1.000 pesanan per hari. Kesulitan dalam hal regulasi bisnis seperti pajak dan sertifikasi halal. Meski belum bisa secara legal mencantumkan logo halal, seluruh bahan baku dan peralatan terbukti halal. “Terkadang beberapa costumer, walau sangat kecil angkanya, pernah menanyakan, kok tidak ada logo halal? Hal-hal seperti inilah yang dihadapi di bisnis makanan,”ungkapnya.

Terlepas dari hal itu, salah satu pelajaran yang dia dapat dalam berbisnis makanan adalah, buatlah produk sesuai dengan konsep bisnis. Sebab, menuruti permintaan customer dan holder membuat produk tidak mudah untuk dilakukan.

Founder Femaledaily, Hanifah Ambadar

Female Daily pertama kali muncul, yaitu Februari 2005, berdasarkan keinginan dan kebutuhan Hanifah untuk menulis dan berbagi tentang beauty dan fashion. Akhirnya di 2007 dibuat forum diskusi untuk memfasilitasi pembaca supaya bisa ngobrol lebih jauh lagi, berbagi pengalaman and connect to one another.

Menurutnya, meski banyak tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan bisnis, namun dirinya harus tetap semangat dan menikmati setiap proses yang terjadi. Untuk menghadapi setiap tantangan, Hanifah mengimbau untuk tetap fokus kepada solusi dan mencoba untuk selalu lebih kreatif. “Jadi jangan jadikan tantangan itu alasan untuk enggak maju,” ungkapnya.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.