Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Dapatkan Foto Kembang Api Terbaik Jelang Pergantian Tahun 2019

Dapatkan Foto Kembang Api Terbaik Jelang Pergantian Tahun 2019

Urbanloka.com – Menjelang tahun baru 2019 nih Urbaners, bagi Anda penggemar baru fotografi, ini tipsnya mengambil kembang api tanpa blur. Apa sajakah itu? Check it out!

Siapkan peralatannya:

  • Peralatan Tepat
  • Pakai ISO Rendah
  • Matikan Long Exposure Noise Reduction
  • Matikan Live ViewGunakan Mode Manual
  • Atur Kecepatan Rana
  • Gunakan Fokus Manual dan Matikan Autofocus
  • Gunakan Filter Density Netral
  • Tentukan Lokasi
  • Latihan Pengambilan Gambar

Berikut tipsnya Urbaners!

GUNAKAN ISO RENDAH

Saat proses foto kembang api tahun baru, set kamera DSLR Anda pada ISO paling rendah di angka 100 atau 200. Dengan mengatur ISO di angka rendah, noise yang dihasilkan lebih minim sehingga warna foto kembang api yang dikeluarkan lebih akurat dan gradasi warna jauh lebih halus. Hasilnya, foto kembang api 2018 Anda menjadi lebih detail.

TRIPOD

Sebelum berburu foto kembang api tahun baru 2018 ini, siapkan sejumlah peralatan untuk memaksimalkan proses pengambilan gambar. Pertama, gunakan tripod kokoh agar kamera bisa menangkap gambar kembang api dengan stabil selama beberapa detik. Selain itu, gunakan pula fungsi remote atau shutter release kamera untuk mencegah getaran.

MATIKAN LONG EXPOSURE NOISE REDUCTION 

Long Exposure Noise Reduction dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi noise, bekerja dengan memotret frame gelap dengan exposure asli, kemudian menggunakan informasi data noise dari frame gelap untuk mengurangi noise di foto asli. Meskipun fitur ini dapat memaksimalkan hasil foto, namun momen kembang api muncul sangat cepat sehingga kamu bisa melewatkan banyak momen penting karena Long Exposure Noise Reduction memproses gambar dalam waktu cukup lama.

MATIKAN LIVE VIEW

Jika kamera DSLR yang kamu gunakan untuk foto kembang api tahun baru 2018 nanti memiliki fitur live view, sebaiknya matikan fitur ini karena bisa membuat baterai semakin boros. Live view sendiri akan bekerja optimal untuk proses pengambilan video sehingga untuk memotret foto kembang api sebaiknya hanya memanfaatkan viewfinder saja

GUNAKAN MODE MANUAL

Sebelum foto kembang api tahun baru dimulai, set kamera DSLR ke mode manual untuk mengatur eksposur dan aperture di f5.6 atau f8. Dengan menggunakan mode manual, kamera akan memberikan rekomendasi pengukuran cahaya, sementara kamu bisa menyesuaikannya menurut kondisi sehingga hasilnya konsisten.

ATUR KECEPATAN RANA

Selanjutnya, untuk foto kembang api tahun baru, set kecepatan rana antara 2 sampai 10 detik, kemudian lakukan tes pengambilan gambar sebelum pesta kembang api dimulai untuk melihat kondisi langit, apakah terlalu gelap atau terlalu terang sehingga bisa menyesuaikan eksposur. Selain itu, kamu pun bisa menggunakan Bulb mode untuk membuka shutter lebih lama dari 30 detik.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.