Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ecocubo, Glamping Kontemporer yang Nyaman & Ramah Lingkungan

Ecocubo, Glamping Kontemporer yang Nyaman & Ramah Lingkungan

Urbanloka.com – Pariwisata bertanggung jawab terhadap kawasan lindung di seluruh dunia. Dengan jumlah penghuni yang mencapai 8 miliar wisatawan. Semakin banyak pelancong memilih tempat untuk menghabiskan waktu di lokasi-lokasi yang lebih dekat dengan alam, hunian yang sekaligus dapat meminimalkan dampak lingkungan dan memberi dampak positif pada masyarakat lokal.

Sebagai bagian dari inisiatif inovasi yang didukung oleh Taman Sains dan Teknologi Universitas Porto (UPTEC), Ecocubo memulai pembangunan struktur seluas 96 kaki persegi ini dengan nama sama yang dimaksudkan untuk melayani akomodasi ramah lingkungan bagi para pelancong yang menginap.

Dirancang oleh arsitek António Fernandes, Ecocubo adalah kabin modular yang dibangun dari kayu dan gabus. Penggunaan bahan alami dan hangat di bagian luar membantu bentuk kotaknya berbaur dengan sekitar.

Sementara Pada bagian dalamnya, untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan. Ruang kecil ini dimaksimalkan dengan penggunaan furnitur convertible: seperti pada sofa dengan built-in storage yang bisa bertransformasi menjadi tempat tidur; Meja dapur yang menyembunyikan meja makan tambahan dan tempat bersantai saat ada kawan yang bertandang. Kamar mandinya terselip di sudut tempat duduk transformator.

Dewasa ini pertumbuhan ekowisata telah mewujud ke tren “glamourous camping” atau “glamping”, menyulap kebiasaan bertenda menjadi lebih nyaman, hal ini juga yang diaplikasikan pada Ecocubo,

Dengan desainnya yang juga berusaha meminimalkan dampak ekologis. Struktur glamping yang bersifat otonom ini menghasilkan listrik dari alam dan memiliki semacam sistem pengelolaan air hujan dan limbah. Ecocubo juga dirancang untuk beradaptasi dengan lokasi yang bagaimanapun.

Arsiteknya kemudian menulis: Ecocubo bertujuan untuk membentuk dirinya sebagai identitas merek bangunan yang berkelanjutan, serta sekaligus sebagai katalisator bagi lokasi dengan potensi wisata yang besar dan membutuhkan infrastruktur serta hunian pendukung.

Dengan cara ini, proyek ini juga berkontribusi pada pengembangan kegiatan dan ekonomi lokal.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi langsung Ecocubo Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.