Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Fakta Menyeramkan: Polutan dari Kendaraan Mesin Diesel Akibatkan Kematian

Fakta Menyeramkan: Polutan dari Kendaraan Mesin Diesel Akibatkan Kematian

Urbanloka.com – Sebuah studi baru yang komprehensif tentang emisi berbahaya dari kendaraan diesel yang kerap kita anggap remeh terungkap. Polutan nitrogen oksida, ternyata terkait dengan ribuan kematian dini akibat gangguan pada area pernafasan dan gangguan kesehatan lainnya Urbaners. Yuk kita simak detailnya berikut ini!

Pada tahun 2014, para ilmuwan dari International Council for Clean Transportation (ICCT) dan West Virginia University melakukan uji emisi dan menemukan peningkatan kadar nitrogen oksida (NOx) yang berasal dari kendaraan diesel Volkswagen.

Tim peneliti internasional ini menarik kesimpulan, bahwa lebih dari 30 studi emisi kendaraan yang digunakan ini mewakili lebih dari 80% penjualan kendaraan diesel baru pada tahun 2015. Penelitian yang dilakukan oleh Susan Anenberg ini juga menjelaskan, bagaimana ia menggunakan Sistem pengukuran (PEMs) untuk melacak emisi knalpot dan monitor dalam pelacakan emisi dari lalu lintas.

Para periset juga menemukan bahwa kendaraan tersebut mengeluarkan 13,2 juta ton NOx di jalan, 4,6 juta ini lebih banyak dari 8,6 juta yang diperkirakan dari pengujian laboratorium.

“Kendaraan heavy-duty, seperti truk komersial dan bus sejauh ini menyumbang 76% dari total emisi gas berlebih,” ungkap Josh Miller, peneliti dari International Council on Clean Transportation (ICCT).

“Lima dari 11 pasar transportasi mobil di Brail, China, Uni Eropa, India, dan Amerika Serikat, yang berperan besar dalam mobil penumpang, truk, dan van yang memproduksi Hampir 70 persen dari kelebihan emisi nitrogen oksida diesel. ”

Nitrogen oksida sendiri merupakan gas beracun yang terbentuk saat bahan bakar dibakar pada suhu tinggi. Mereka dapat menyebabkan berbagai masalah pernafasan, sakit kepala, iritasi mata serta dalam jangka panjang dikaitkan juga dengan berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti stroke, penyakit jantung dan kanker paru-paru.

Organisasi Kesehatan Dunia mengelompokkan asap mesin diesel sebagai penghail karsinogenik Grup 1 pada tahun 2012. Studi tersebut memperkirakan bahwa kelebihan NOx dikaitkan dengan 38.000 kematian dini di tahun 2015. Mereka juga memproyeksikan bahwa kecuali ditangani secara serius, emisi NOx ini mampu menyebabkan 180.000 kematian dini pada tahun 2040 mendatang Urbaners.

*potongan Makalah ini dimuat di jurnal Nature.

Sumber: Universitas York

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.