Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

FlashBattery: Isi Ulang Baterai Mobil Listrik Kini Hanya dalam Waktu 5 Menit

FlashBattery: Isi Ulang Baterai Mobil Listrik Kini Hanya dalam Waktu 5 Menit

Urbanloka.com – Mobil listrik berkembang dengan cukup pesat belakangan ini, namun pengisian daya mobil listrik ini umumnya sangat lambat. Sebuah perusahaan di Tel Aviv kemudian berinovasi dengan mengeluarkan FlashBattery, yang diklaim mampu mengisi daya hanya dalam waktu  lima menit saja Urbaners.

 

Perusahaan ini adalah StoreDot, telah berdiri sejak tahun 2012. Berhasil menciptakan FlashBattery smartphone yang dapat mengisi ulang hanya dalam waktu kurang dari satu menit. Ia kemudian mengumpulkan dana 66 juta dollar untuk menciptakan teknologi FlashBattery mobil listrik.

Menggunakan teknologi yang disebut nanodots dalam menghasilkan daya pengisian yang cepat. Nanodots adalah molekul peptida yang disintesis secara kimia. Membentuk dasar elektroda multi fungsi, yang memungkinkan pengisian cepat dengan melepaskan daya baterai lithium-ion. Senyawa kimia ini tidak mudah terbakar dan memiliki suhu pembakaran yang lebih tinggi dari grafit.

Dari sudut pandang produksi, nanodot dibuat dari berbagai bahan baku bio-organik ramah lingkungan serta murah untuk diproduksi. StoreDot mengatakan FlashBattery sedang dalam tahap pengembangan, dengan jangkauan maksimum daya pakai baterai sekitar 300 mil (483 km), yang akan membuatnya setara dengan Model Tesla 90 kWh S.

Baterai terbaik mobil listrik sendiri saat ini mampu bertahan sejauh 400 km, hanya dengan pengisian selama beberapa jam. Pembuat mobil Tesla dapat membuat charger cepat yang dapat mengisi ulang dalam waktu 30 menit untuk jangkauan 270 km. Sementara Toyota Rav4, membutuhkan waktu lebih lama untuk diisi ulang, namun hanya dapat menjangkau jarak 150 km saja.

“Fast Charging adalah hal penting yang diperlukan untuk membuat mobil listrik terbaik” ungkap Dr. Doron Myersdorf, Co-Founder dan CEO StoreDot. Jika tujuan ini tercapai maka baterainya sanggup memberikan tenaga mobil yang mampu berjalan hingga ratusan kilometer dalam satu kali pengisian.

StoreDot menggambarkan baterai mereka seperti spons yang mampu menyerap listrik seperti spons menyerap air. Teknologinya berdasarkan peptida, ikatan asam amino yang dialihkan menjadi tabung-nano penyimpan energi. Tabung nano, yang diberi nama Nanodots oleh perusahaan, mampu menampung listrik dalam jumlah banyak sekaligus. Menggunakan sekitar 7000 Nanodot, mereka menjanjikan sebuah baterai yang dapat mencapai target diatas Urbaners. Tahu lebih jelas bagaimana cara kerja FlashBattery, pada video berikut ini Urbaners.

 

Sumber: StoreDot

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.