Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Hadapi Bencana Alam Tak Terduga, Persiapkan Hal-hal Ini!

Hadapi Bencana Alam Tak Terduga, Persiapkan Hal-hal Ini!

Urbanloka.com – Bencana alam adalah suatu kejadian yang tidak pernah kita harapkan kedatangannya. Bermacam kejadian bencana alam bisa saja tiba-tiba terjadi seperti banjir, gempa bumi, kebakaran hutan, badai angin atau lainnya, dimana hal ini dapat mengubah berbagai aspek kehidupan pada ribuan orang di seluruh dunia. Bagaimana jika terjadi pada kita? Kunci utamanya adalah bersiap-siap menghadapi bencana yang bisa datang kapanpun dengan cara mempersiapkan segala sesuatunya. Karena Setiap bencana memiliki prosedur keselamatan yang berbeda tetapi kita dapat mempersiapkan beberapa hal ini Urbaners, check it out!


Persiapkan Rumah Anda

Rumah anda bisa menjadi tempat berlindung terbaik atau bahkan menjadi mimpi terburuk anda tergantung pada seberapa baik anda telah mempersiapkannya untuk menghadapi bencana yang akan terjadi. Dalam kasus gempa, tempat teraman bagi anda adalah berada di bawah tangga, atau tempat yang mempunyai perlindungan dari runtuhan. Jika banjir melanda daerah anda, anda harus meletakkan panel kayu atau yang lainnya sebagai penutup pada semua bukaan seperti pintu dan jendela agar air tidak merembes masuk.

Siapkan Kotak Penyimpanan

Hal ini mungkin terdengar aneh dalam kasus bencana, karena hal menyelamatkan hidup anda adalah yang utama. Tetapi jika anda ingin sepenuhnya siap untuk menyelamatkan hidup anda dan barang-barang penting, maka persiapkan juga kotak yang aman di mana anda dapat menyimpan surat-surat berharga serta uang tunai, yang dapat segera diambil jika sewaktu-waktu terjadi bencana urbaners.

Daftar Perbekalan yang harus Anda siapkan, letakan saja di satu tas dan simpan di dekat kotak penyimpanan tadi agar mudah dijangkau, isinya:

  • Air – setidaknya dua liter air per orang per hari; Termasuk botol kecil yang bisa dibawa dengan mudah jika terjadi evakuasi
  • Makanan yang tidak akan rusak, seperti makanan kaleng, batangan energi dan makanan kering (ganti makanan dan air setahun sekali)
  • Senter
  • Radio bertenaga baterai
  • Pertolongan pertama P3K
  • Uang tunai
  • Salinan informasi kontak Anda
  • Kantong tidur atau selimut hangat
  • Perlengkapan mandi
  • Peluit

Semakin siap pikiran anda akan tenang dan damai, sehingga Anda semakin siap menghadapi bencana alam. Kehilangan kontrol atas tindakan dapat mengakibatkan konsekuensi yang berbahaya Urbaners. Semoga tips diatas bermanfaat ya!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.